Berita Tapin

Usai Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Tapin Periksa Mantan KPPS yang Diduga Terlibat Politik Uang

Dugaan keterlibatan oknum di jajaran penyelenggara KPU Kabupaten Tapin, juga disikapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapin.

Usai Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Tapin Periksa Mantan KPPS yang Diduga Terlibat Politik Uang
Istimewa/ Dok Bawaslu Tapin untuk BPost Group
Pemasangan spanduk oleh Bawaslu Tapin untuk sambung Pemilu 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dugaan keterlibatan oknum KPPS di jajaran penyelenggara KPU Kabupaten Tapin dalam politik uang di Pemilu 2019, juga disikapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapin.

Fakhrian Noor, anggota Bawaslu Kabupaten Tapin selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id terkait oknum KPPS di Kabupaten Tapin sudah melakukan rapat koordinasi dengan Sentra Gakkumdu.

Pemanggilan terhadap terlapor dan pelapor serta saksi akan dilakukan setelah pelaksaan Pemilu 2019 demo menjaga situasi kondisi di wilayah Kabupaten Tapin tetap aman dan nyaman.

"Bawaslu Kabupaten Tapin Masih punya waktu tujuh hari melakukan pemanggilan. Jika tidak cukup waktu akan ditambah 14 hari lagi pemeriksaannya sesuai perbawaslu.

Baca: Diduga Terlibat Dugaan Politik Uang, Oknum KPPS di Tapin Mundur sebagai Penyelenggara Pemilu 2019

Baca: Polwan Cantik Vani Simbolon Tak Takut Wajah Kusam Saat di Jalan, Pernah Ikut Jinakkan Bom

Baca: Empat Caleg di Banjarmasin Diduga Lakukan Politik Uang, Bawaslu Kota Banjarmasin Kumpulkan Bukti

Berdasarkan asas praduga tak bersalah, maka pelapor dan terlapor tidak kami publikasikan sebelum dibahas di Sentra Gakkumdu," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Selasa (16/4/2019).

Mengundurkan Diri

Dugaan keterlibatan politik uang yang dilakukan penyelenggaran Pemilu, yaitu Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tapin, sudah disikapi.

"Oknum anggota KPPS menyatakan mundur dan merasa tak mampu mengemban amanah. Sudah ada penggantinya dan pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 17 April, dilakukan pengambilan sumpah anggota KPPS," kata Ketua KPU Kabupaten Tapin, Henny Hendriyanti, Selasa (16/4/2019).

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved