Ekonomi dan Bisnis

Harga Bawang Merah Naik, Disperindag Kalsel Imbau Distributor Tidak Timbun Stok Bawang

Menjelang bulan ramadan, harga bawang merah kian melambung di Banjarmasin. Kenaikan terjadi di level distributor atau pedagang besar.

Harga Bawang Merah Naik, Disperindag Kalsel Imbau Distributor Tidak Timbun Stok Bawang
Istimewa/H Birhasani.
Kunjungan Dinas Perdagangan Kalsel di Pasar Harum Manis, Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjelang bulan ramadan, harga bawang merah kian melambung di Banjarmasin. Kenaikan terjadi di level distributor atau pedagang besar.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, H Birhasani melakukan kunjungan ke Pasar Harum Manis Banjarmasin, menemui sejumlah pedagan besar atau distributor bawang.

"Kenaikan harga bawang ini tidak hanya di Kalsel atau Banjarmasin, namun sudah secara nasional. Karena menurut distributor, sekarang ini berada dalam masa transisi panen," ucapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Harga Bawang di Banjarmasin Melambung, Distributor Ungkap Ini Penyebabnya

Baca: 7 Amalan Khusus Malam Nisfu Syaban 2019, Ini Bacaan Niat Puasa Syaban & Doa Buka Puasa Syakban

Baca: The Greatest Of 1001 Nights, Suguhkan Menu Bervariatif Sambut Ramadhan

Baca: Rahasia Syahrini Soal Kecantikan Kulitnya Terungkap, Kebiasaan Teman Luna Maya Terbongkar

Dia pun mengimbau kepada distributor bawang merah di Pasar Harum Manis, agar tidak melakukan spekulasi menaikkan harga semaunya meskipun menurut pantauannya, harga yang mereka jual saat ini masih dalam batas wajar.

"Selain itu kami mengharapkan, para pedagang tidak melakukan penimbunan stok bawang. Dikhawatirkan mereka justru akan merugi, sebab di bulan ramadan umumnya harga bawang merah pasokannya akan normal kembali," imbuh dia.

Dikatakannya, stok maupun harga bawang dijamin akan kembali normal dan cukup buat masyarakat Kalsel khususnya Banjarmasin, karena itu masyarakat diharapkan tidak melakukan aksi borong.

Saat ini supplier bawang hanya dari Pulau Sulawesi, sedangkan pemasok lainnya seperti Bima dan beberapa kabupaten di NTB tidak dapat memasok sebab beberapa waktu lalu terjadi musibah banjir yang mengakibatkan gagal panen. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved