Berita Banjarmasin

Jelang Peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih, Umat Katolik Mulai Dekor Altar dan Siapkan Acara

Sejumlah orang muda Katolik dan jamaat di geraja itu nampak sibuk mendekor ruangan Aula Sasana Hati Gereja tersebut.

Jelang Peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih, Umat Katolik Mulai Dekor Altar dan Siapkan Acara
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Pastor Cosmas Tukan MSF ikut serta mengawasi dekorasi altar untuk perayaan Kenaikan Isa Almasih 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perayaan kenaikan Isa Almasih disiapkan semaksimal mungkin oleh pengurus Gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kamis (17/4/2019).

Sejumlah orang muda Katolik dan jamaat di geraja itu nampak sibuk mendekor ruangan Aula Sasana Hati Gereja tersebut. Mereka juga menyiapkan ratusan kursi untuk jamaah yang nantinya mengikuti peryaaan.

Persiapan lilin, bunga, tirai dan LCD ditata sedemikian rupa. Baik di dalam aula maupun di halaman gereja. Tak hanya itu, para pemuda yang ada di gereja juga terlihat menata mimbar dan karangan bunga di panggung.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Italia Pekan 33 : Juventus vs Fiorentina, Inter Milan vs AS Roma

Baca: Peringati Hari Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Linmas, Bupati HSS Apresiasi Pemilu 2019 Sukses

Baca: Bandingkan Gaji Presiden di Asia Tenggara Setelah Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Mulai Diumumkan

Baca: Reaksi Pilu Ifan Seventeen Lihat Nama Dylan Sahara di Daftar Caleg dalam Surat suara Pemilu 2019

Ada beberapa ibadah yang bakal dilakukan pada momen kenaikan Isa Almasih ini. Di antaranya kamis putih dan puncaknya yakni peryaan Paskah.

"Saat ini umat Katolik sudah memasuki masa tri hari suci, yaitu perayaan kamis putih, perayaan jumat agung dan perayaan paskah," ucap Pastor Cosmas.

Ada yang istimewa bagi Pastor Cosmas pada peringatan Kenaikan Isa Almasih ini. Sebutnya, tahun ini, secara bersamaan menjelang peringatan tersebut, Indonesia juga menggelar pesta demokrasi.

Tahun ini ujar Pastor Cosmas, pada pekan suci, Indonesia melaksanakan Pemilu. Sehingga para umat Katolik yang sudah masuk usia menggunakan hak suara, ikut serta memilih pemimpin.

Selain itu, sebelumnya juga kepada jamaat, ia sendiri telah mengimbau kepada umat Katolik untuk berpatisipasi dalam Pemilu tersebut.

"Menjelang Pemilu kemaren kami mengimbau kepada umat bahwa memilih pemimpin itu wajib. Sehingga gunakan hak suara sebaik mungkin dengan hati nurani," ucapnya.

Persiapan pelaksanaan peringatan Kenaikan Isa Almasih dilakukan sejak Selasa (16/4/2019) kemaren. Pemasangan tenda dan penyusunan kursi bahkan hampir selesai. Selain itu seluruh petugas liturgi untuk pelayanan di seputar altar.

Baca: Hingga April, Sudah 1059 Ekor Hewan Divaksinasi Rabies di Kapuas

Baca: Pengakuan Boy William Pernah Pacari Diva Pop Rossa Hingga Buat Kepanasan

"Mereka sudah berlatih untuk pelayanan di seputar altar dalam perayaan ekaristi dan mereka sudah mempersiapkan diri. Serta sudah melaksanakan gladi bersih," ucap Pastor Cosmas.

Memasuki tri hari suci pada peringatan Kenaikan Isa Almasih, Pastor Cosmas menerangkan pada hari pertama, yakni Kamis Putih sebagai perenungan dua hal, yakni perjamuan terakhir Tuhan Yesus dengan para murid dan merenungkan tanda cinta kasih Tuhan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved