Berita Kalteng

Kapuas Terima Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Ini Kata Plt Kadiskominfo

Itu telah dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Kapuas Terima Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Ini Kata Plt Kadiskominfo
HO/Diskominfo Kapuas
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor didampingi Plt Kadiskominfo Kapuas H Suwarno Muriyat usai menerima Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Jakarta beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Setahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), telah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Itu telah dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Adapun penyerahan Hasil SPBE dilakukan beberapa waktu lalu di Hotel Bidakara Jakarta oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta dihadiri sejumlah Menteri, Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor yang hadir mewakili Bupati Kapuas menyatakan rasa syukurnya menerima hasil evaluasi SPBE walaupun nilai indeksnya cukup, sebab diketahui masih banyak Pemerintahan Provinsi, Kabupaten/Kota yang menerima hasil evaluasi berada di bawah Kapuas.

Sementara itu Plt Kadis Kominfo H Suwarno Muriyat Rabu (17/4/2019) lalu saat mendampingi Bupati Kapuas, Wakil Bupati, Forkompimda dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019 kemarin, kepada awak media menyatakan bahwa hasil evaluasi SPBE Pemerintah Kabupaten Kapuas masih berada pada indeks 2,24 (cukup)

Baca: Bangunan Mewah RSUD Kotabaru Mangkrak Bertahun-tahun, Sekda : 2020 Dilanjutkan

"Untuk mencapai nilai indeks tertinggi sebesar 4,2 – 5,0 (Memuaskan) Pemerintah Kabupaten Kapuas harus memiliki kebijakan terkait dengan proses bisnis terintegrasi, rencana induk SPBE, anggaran TIK yang memadai dan kebijakan pengoperasian pusat data," jelas H Suwarno

Ia pun menyatakan optimis kualitas pelaksanaan SPBE pada tahun depan akan semakin meningkat karena dari 37 indikator rekomendasi dari Kemenpan RB sebagian besar sudah mulai dilakukan awal tahun 2019 ini.

Sebagai wujud komitmen kuat Bupati Kapuas dalam menerapkan Peraturan Presiden (Perpres) 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta Permenpan RB Nomor 05 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE.

Secara rinci mantan Kabag Humaspro Setda Kapuas ini menambahkan bahwa tingkat kematangan pada kapabilitas proses terdiri dari lima tingkat yaitu rintisan, terkelola, terstandardisasi, terintegrasi dan terukur, optimum.

Sedangkan tingkat kematangan pada kapabilitas fungsi teknis terdiri lima tingkat yaitu informasi, interaksi, transaksi, kolaborasi, dan optimalisasi.

Baca: Ini Alasan Sandiaga Uno Tak Ikut Dampingi Prabowo Klaim Kemenangan Meski Ada di Rumah

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved