Berita Banjar

Naga Banjar 2018 Beri Tips Sukses, Duduk Pun Harus Begini

Saat hendak duduk dan bangkit dari tempat duduk. Itu ada tata caranya, tak bisa seenaknya langsung bangkit berdiri

Naga Banjar 2018 Beri Tips Sukses, Duduk Pun Harus Begini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ETIKA - Naga banjar 2018 mempraktikan etika duduk kepada par apeserta Seleksi Naga Banjar 2019 pada sesi technical meeting di aula Disbudpar Banjar, Kamis (18/04/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Peserta technical meeting Nanang Galuh (Naga) Banjar 2019 Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), antusias menyimak pemaparan materi yang dijabarkan Naga Banjar 2018, Kamis (18/04/2019).

Pasalnya, banyak ilmu berharga yang mereka dapatkan. Tak sekadar mengenai wawasan umum mengenai budaya dan kepariwisataan, tapi juga menyangkut gerak-gerik atau gestur tubuh saat beraktivitas.

Para Naga 2018 Kabupaten Banjar yang menangani kegiatan technical meeting tersebut menagaskan menjadi seorang Naga itu mesti selalu berpenampilan elegan dan berperilaku yang santun, termasuk gerak-gerik (gestur) tubuh. Semuanya mesti diperhatikan secara seksama, meski hal sesederhana apa pun.

Baca: KPU Banjar Tunggu Data Masuk, Ini Peran RAPI Banjar Bantu Komunikasi Pemilu 2019

Baca: Kemoterapi Istri SBY, Ani Yudhoyono Terpaksa Dihentikan, AHY Ungkap Kondisi sang Ibu yang Sakit

Baca: Pengembalian Logistik Pemilu 2019 Sempat Terhenti, Ini yang Dialami PPK Banjarmasin Tengah 

"Seperti saat hendak duduk dan bangkit dari tempat duduk. Itu ada tata caranya, tak bisa seenaknya langsung bangkit berdiri," ucap Galuh Lubna kepada puluhan peserta seleksi Naga 2019 Kabupaten Banjar.

Rekannya sesama Galuh 2018 kemudian mempraktikkannya. Saat ia bangkit dari tempat duduk, lengan kirinya spontan bergerak ke belakang mengusap rok bagian belakang dari atas ke bawah.

Gerakan itu bertujuan untuk memastikan rok tetap pada posisi yang baik. "Jadi begitu yang harus dilakukan. Jangan langsung aja berdiri dan melangkah," tandas Lubna.

Para peserta technical meeting yang berjumlah sekitar 78 orang itu pun manggut-manggut. "Ouh, ternyata bangkit dari tempat duduk pun ada etikanya ya. Luar biasa, ini pengalaman berharga bagi saya," ucap salah seorang peserta perempuan.

Sembilan pasang Naga Banjar 2018 Kabupaten Banjar sekitar dua jam memaparkan hal-hal teknis kepada para peserta. Mereka juga interaktif dengan sekali waktu meminta peserta maju guna mempraktikkan teori yang telah dijabarkan.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Badiah menuturkan technical meeting tersebut bagian dari sesi kegiatan yang wajib diikuti para peserta. Selanjutnya peserta akan menjalani dua tahapan audisi.

Baca: DWP Banjarbaru Gelar Lomba Nyanyi Songsong Hari Kartini 2019

Baca: Live Streaming RCTI! Siaran Langsung Napoli vs Arsenal Leg 2 Liga Europa Mulai Jam 02.00 WIB

"Peserta Naga Banjar tahun ini lumayan banyak. Saat Kamis pagi jumlah peserta yang mendaftar masih 78 orang, tapi hingga tengah hari sudah mencapai 103 orang," beber Badiah.

Bahkan hingga pukul 17.00 Wita, angkanya telah bertambah menjadi 113 orang. "Rinciannya, peserta galuh 72 orang dan Nanang 41 orang," sebut Badiah. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved