PIlpres 2019

News Analysis Dosen Fisip ULM Taufik Arbain : Partisipasi Luar Biasa

Saya kira partisipasi publik dalam pemilu kali ini luar bisa besar. Sebab boleh dibilang mencapai 90 persen. Bahkan 100 persen kartu suara habis.

News Analysis Dosen Fisip ULM Taufik Arbain : Partisipasi Luar Biasa
capture/banjarmasin post
Harian Banjarmasin Post Edisi 18 April 2019, Halaman 1 

News Analysis
Dr Taufik Arbain MSi
Dosen FISIP ULM

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saya kira partisipasi publik dalam pemilu kali ini luar bisa besar. Sebab boleh dibilang mencapai 90 persen. Bahkan 100 persen kartu suara habis.

Meski warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap dan menggunakan haknya 75- 80 persen, sisa surat suara masih bisa diberikan kepada warga yang hanya membawa KTP Elektronik karena tidak terdaftar pada DPT. Bahkan tidak sedikit warga yang pulang gigit jari karena tak bisa mencoblos.

Saya memperkirakan warga yang tidak masuk DPT ada di kisaran 15 sampai 25 persen. Saya membayangkan pada TPS yang hampir 90 persen pemilihnya hadir maka hanya 5 atau 6 surat suara yang bisa diberikan pada warga yang pakai KTP.

Kita perlu memberikan apresiasi karena magnet pilpres kali ini mendorong tingginya partisipasi publik mendatangi TPS. Publik rela menjadi corong pemenangan meski bukan tim sukses resmi baik di keseharian maupun di media sosial.

Baca: Update Hasil Quick Count Tiap Propinsi :Jokowi Unggul di Jawa-Bali-Papua, Prabowo Sumatera-Sulawesi

Baca: Jokowi Tunggu Hasil Perhitungan Resmi, KPU Tetapkan Hasil Pemilu Paling Lambat 22 Mei

Memang pada pemilu serentak ini caleg hampir tenggelam oleh gegap gempita pilpres. Jadi peluang caleg mengikut saja ketika masyarakat memilih. Mungkin pilihan pada caleg tidak terlalu konsen sebagaimana konsen publik pada capres.

Ya saya kira masyarakat tetap menunggu hasil resmi KPU dan usaha-usaha pihak-pihak di lapangan yang bekerja sebagai pelaksana. Meskipun quick count sudah saling diinfokan, bukanlah legitimasi hasil kecuali yang dikeluarkan KPU. Setidaknya warga harus saling menghormati siapa pun pemenangnya. (banjarmasinpost.co.id/kur)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved