Berita Banjarmasin

Bakal Ada Perbaikan Pipa PDAM, Dua Kecamatan Ini Terdampak, Sediakan Stok Air Cadangan

Distribusi air ke wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Utara nampaknya akan terganggu.

Bakal Ada Perbaikan Pipa PDAM, Dua Kecamatan Ini Terdampak, Sediakan Stok Air Cadangan
banjarmasinpost.co,id/isti rohayanti
Direktur Operational PDAM Bandarmasih, Supian didampingi Humas PDAM, M Nur Wakhid saat wawancara dengan awak media (1) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMARMASIN- Distribusi air ke wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Utara nampaknya akan terganggu. Pasalnya, pada 23-24 April 2019 mendatang, PDAM Bandarmasih, Banjarmasin melakukan rehabilitasi perpipaan.

Rehabilitasi atau perbaikan dilakukan di pertigaan Jalan Ayani - Kuripan, Banjarmasin. Adapun pipa yang diperbaiki merupakan pipa berdiameter 360 mm.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian menerangkan, sebelumnya sempat terjadi kebocoran pada pipa tersebut. Hal itu terjadi sekitar satu bulan lalu.

Baca: Pengorbanan Nagita Slavina demi Mirip Jennie BLACKPINK, Adik Raffi Ahmad Malah Menyebutnya Ini

Baca: Data Banjarbaru Belum Masuk Ke Laporan KPU RI kenapa ya? Begini Jawaban Ketua KPU Banjarbaru

Baca: Analisa Efek Dukungan Ustadz Abdul Somad & Aa Gym pada Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 dari Denny JA

menurutnya Kebocoran sudah ditangani. Namun tidak secara maksimal, karena terkendala posisi pipa. Sehingga, pasca Pemilu 2019, perbaikan kembali dilakukan.

"Beberapa minggu lalu kebocoran pipa sudah kami tangani. Tapi terkendala keberadaan pipa yang tepat di bawah baliho. Kami khawatir kalau dilakukan pembongkaran akan terkena pondasi balibo dan rentan rubuh," ucap Supian.

Ia menyebutkan, pada perbaikan pipa nantinya masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Tengah bakal terkendala matinya aliran air bersih. Pemberitahuan itu diinformasikan lebih awal agar warga mulai berjaga dan menyimpan stok air.

Supian memberitahukan pengerjaan bakal dimulai pada 23 April, hingga tanggal 24. Memakan waktu sekitar 16 jam. Kemudian distribusi air akan dimatikan secara total sejak pukul 22.00 wita. hingga pukul 01.00 wita.

Pengerjaan pun ujar Supian memang sengaja malam dengan harapan masyarakat yang terdampak saat itu tidak sedang menggunakan air. Selain itu juga jam tidur pada umumnya.

Harapan Supian juga, pengerjaan bisa selesai lebih cepat. Karena perbaikan yang dilakukan tinggal memotong pipa dan melakukan pemasangan pipa baru serta menyambungnya. Diperkirakan cukup dua atau tiga jam saja.

Tentunya, dalam proses perbaikan nanti, PDAM Bandarmasih juga menyediakan pelayanan air bersih dari mobil tanki. Supian mengatakan, apabila dalam kondisi terdesak, atau melebihi batas waktu yang ditentukan, maka masyarakat bisa menghubungi PDAM Bandarmasih untuk air bersih.

Tak ia pungkiri pula, pada kawasan Banjarmasin Barat memang kadang memakan waktu untuk pengembalian tekanan air. Sehingga distribusi pun lambat. Terutama pada area ujung Banjarmasin Barat, sebagaimana di Trisakti.

Baca: Berhenti Sebagai Perawat Satwa di BKSDA, Ricky Cangcang Buka Pet Shop

Baca: Teman Tapi Mesra Sule dengan Baby Shima, Ayah Rizky Febian Terpergok Jalan Bareng Naomi Zaskia

"Kawasan Trisakti itu bisa memakan waktu satu sampai dua hari agar kembali normal untuk aliran airnya. Tapi kami upayakan semoga bisa lebih cepat," ucap Supian.

Terlepas dari itu, Supian menerangkan kebocoran pipa sebelumnya karena kondisi pipa yang dianggap sudah tua.

Ia mengatakan, dari dua pipa yang terpasang, untuk dua aliran, pipa yang bocor merupakan alat bantu pengaliran air yang sudah berusia di atas 20 tahun. Sehingga memang dianggap rentan kerusakan. PDAM Bandarmasih Banjarmasin juga sering kali melakukan pengecekan untuk setiap jaringan perpipaan mereka.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved