Berita Tanahalut

Pemprov Kalsel Usulkan Panjaratan Jadi Jadi KEE, Bappeda Minta Dikelola Pemkab Tanahlaut

Pemprov Kalsel kini terangnya juga sudah merencanakan menetapkan Panjaratan menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Panjaratan.

Pemprov Kalsel Usulkan Panjaratan Jadi Jadi KEE, Bappeda Minta Dikelola Pemkab Tanahlaut
Humas Pemkab Tanahlaut
Kegiatan susur sungai melihat satwa langka bekantan sangat disenangi turis asing, temasuk belajar pertanian dan berkebun secara langsung di areal perkebunan di Desa Panjaratan dan Kelurahan Karangtaruna, Kecamatan Pelaihari, Selasa (10/7/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Masih simpang siurnya status lahan wisata alam Panjaratan terang Bappeda Kabupaten Tanahlaut melalui Sekretaris Bappeda Tala, Abdul Haris Fahmi masih mencari solusi kepemilikan lahan.

Namun pengelolaan nantinya tetap akan diserahkan ke Pemkab Tala karena status wilayah APL (areal penggunaan lain)
dibawah koordinasi tim kolaborasi yang diketuai Bappeda Tala.

Pemprov Kalsel kini terangnya juga sudah merencanakan menetapkan Panjaratan menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Panjaratan.

"Sudah dari Pemprov, BKSDA dan KPH Tala mengadakan rapat rencana Penetapan Kawasan Ekosistem Esensial Panjaratan mengundang Dinas LH, Dinas Pariwisata dan Bappeda Tala. Juga menjelaskan kedudukan kewenangan status lahan dan pengelolaan nanti," sebutnya Sabtu (20/4/2019) kepada banjarmasinpost.co.id.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin berdiri di atas kapal melihat satwa langka bekantan di bantaran sungai Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Selasa (10/7/2018)
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin berdiri di atas kapal melihat satwa langka bekantan di bantaran sungai Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Selasa (10/7/2018) (Humas Pemkab Tanahlaut)

Sebelumnya Sekda Tanahlaut juga mendukung menjadikan Panjaratan menjadi destinasi Ekowisata Internasional Bekantan dan Konservasi Hutan Galam Alami desa Panjaratan.

Baca: Ini Dia Para Juri Profesional Pemilihan Nanang Galuh Banjar 2019 Kabupaten Banjar

Baca: Taman Budaya Kalsel Gelar Event Menuai Indah Raga Banua, Peringati Hari Tari Dunia

Sementara Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan memasukkan wisata Panjaratan menjadi satu diantara empat KEE di Kalsel yaitu Kabupaten Kotabaru untuk konservasi penyu dan bekantan, Kabupaten Tanahlaut Desa Penjaratan untuk konservasi bekantan, Kabupaten Tapin lokasi PT AGM untuk konservasi Bekantan dan Kabupaten Balangan untuk konservasi tanaman langka khas Kalimantan Selatan.

Selain itu juga dibentuk Forum Konservasi di KPH dan membuat rencana program kegiatan untuk tahun 2019 sampai dengan 2020. (Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved