Opini Publik

Semangat Kartini Masa Kini

Hal ini menjadi bukti betapa besarnya keinginan dari seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada jamannya.

Semangat Kartini Masa Kini
WIKIMEDIA COMMONS/GPL FDL
Foto lawas RA Kartini. 

Oleh: SRI SUPADMI, S.Pd
Kepala SMPN 2 Kusan Hulu

Kartini adalah sosok wanita yang memiliki semangat yang tinggi dalam menggapai impian-impiannya. Semua itu dapat kita baca melalui kumpulan surat-surat yang ditulisnya kemudian dibukukan dengan judul “Door Duistermis tox Light” (Habis Gelap Terbitlah Terang).

Hal ini menjadi bukti betapa besarnya keinginan dari seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada jamannya.

Kartini menjadi pendorong semangat bagi kaum wanita Indonesia guna memperjuangkan hak-haknya. Tanpa perjuangan Kartini, mungkin wanita Indonesia tidak akan menikmati persamaan haknya juga emansipasi bagi wanita. Berkat Perjuangannya lah, wanita Indonesia bisa membuktikan bahwa wanita bukan hanya makhluk lemah tak berdaya, yang hanya berkutat di dapur, mengurus anak dan keluarga. Berkat jasa Kartini wanita Indonesia bisa mengembangkan kariernya sejajar dengan kaum pria.

Bukti dari perjuangan Kartini, sekarang banyak wanita yang mendapatkan pekerjaan yang layak, ada yang menjadi guru, pemimpin perusahaan, menjadi pemusik, ada yang menjadi penulis ternama berkat goresan penanya, melalui karya-karyanya menjadi seniman, dokter, menteri, bahkan menjadi Presiden. Hal inilah yang menjadikan Kartini adalah sosok pahlawan bagi kaumnya.

Salah satu persoalan yang kerap terjadi pada wanita adalah ketika ia harus memutuskan untuk salah satu di antaranya, keluarga atau karier. Ada yang memutuskan untuk tidak menikah agar leluasa dalam berkarier, ada juga yang melepas karier dan impiannya untuk menjalankan tugasnya sebagai ibu dan istri yang baik. Padahal karier dan keluarga bisa berjalan bersama, dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk ditambah peran dan kontribusi bagi masyarakat luas.

Berani Mendobrak Ketidakadilan
Kartini adalah salah satu sosok pahlawan wanita, dengan segala cita-cita, tekad dan perbuatannya. Ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami kaumnya dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, dia mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi.

Sekarang kita menjadi wanita di era globalisasi, tentunya harus berani untuk mendobrak dan berjuang demi untuk mensejajarkan kaum wanita dengan kaum pria dengan tidak mengesampingkan kodrat irodat kita sebagai ibu dari anak-anak dan istri dan sahabat bagi suami. Wanita sekarang harus mampu berjuang untuk menjadi pencetus, menuangkan ide-ide cemerlang, mengasah kemampuan agar tidak mudah goyah pendirian dan ketinggalan jaman.

Mengapa wanita masa kini perlu membekali diri dalam hal ilmu pengetahuan juga harus membentengi diri dalam hal keimanan, semua itu juga akan berpengaruh dalam kehidupannya nanti. Karena wanita yang memiliki kecerdasan, memiliki iman tentunya tidak akan salah arah dalam menentukan dan menjalani kehidupannya, baik untuk keluarganya maupun untuk kehidupan karier dan sumbangsihnya terhadap masyarakat luas. Seorang wanita janganlah menjadi sumber masalah bagi orang lain, namun haruslah wanita menjadi solusi dalam memecahkan masalah. Sehingga kehidupan akan seimbang dan terarah.

Semangat perjuangan Kartini perlu kita tanamkan untuk seluruh wanita Indonesia untuk tetap teguh dalam pendirian, tidak mudah goyah oleh bujuk rayu yang bisa mengantarkan wanita kelembah kenistaan, teguh dalam mewujudkan cita-cita agar dapat meraih impian-impiannya. Selain itu harus terus memiliki motivasi yang tinggi untuk maju dan berkembang. Wanita juga mampu bersaing dengan pria di dunia usaha, di dunia pendidikan, kesehatan, perdagangan, dunia seni dan kesusastraan serta di bidang Pemerintahan.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved