Ekonomi dan Bisnis

Akuisisi Anak Usaha PNM, BTN akan Jajakan Berbagai Produk Investasi

Dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) BTN periode 2019-2021 BTN memang sudah menargetkan akan memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi.

Akuisisi Anak Usaha PNM, BTN akan Jajakan Berbagai Produk Investasi
KONTAN
Bank BTN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Demi perluas cakupan invetasi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (Conditional Shares Purchase Agreement/CSPA) untuk membeli saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM) dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM).

Dilansir dari Kompas.com, aksi korporasi tersebut dilakukan sebagai langkah merealisasikan target ekspansi perseroan untuk memperluas cakupan bisnisnya terutama dalam mendukung bisnis utama yakni pembiayaan perumahan dan industri terkait lainnya.

Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan, dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) BTN periode 2019-2021 BTN memang sudah menargetkan akan memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi.

Dalam perjanjian ini, emiten berkode BBTN ini membeli 33.000 lembar saham atau setara 30 persen saham PNM pada PNMIM.

Baca: Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Long March 5 Km Bawa Spanduk Save Meratus di Banjarmasin

Dari aksi pembelian ini, anggota indeks KOMPAS100 ini mengeluarkan dana senilai Rp114,3 miliar.

"Kami ingin memperluas cakupan bisnis kami terutama untuk meningkatkan kinerja bisnis dan menyukseskan Program Satu Juta Rumah,” ujar Maryono di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Maryono menjelaskan dengan hadirnya anak usaha anyar tersebut, perseroan bakal lebih leluasa menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang.

Dengan opsi penghimpunan dana murah yang lebih luas, Bank BTN berharap dapat memberikan skema pembiayaan perumahan yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

“Sehingga, pada akhirnya akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa memiliki rumah yang murah dan terjangkau. Hal tersebut sejalan dengan komitmen kami dalam mengemban tugas sebagai agen program satu juta rumah,” tambah Maryono.

Baca: Gubernur Kalsel untuk Ketiga Kali Raih Anugerah Kemenaker RI, Berhasil Tekan Risiko Kecelakaan Kerja

Selain itu, Maryono melanjutkan, perusahaan manajemen investasi baru ini juga ditargetkan akan meningkatkan pendapatan non-bunga (fee-based income) perseroan.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved