Yayasan Adaro Bangun Negeri

Kartini-Kartini Masa Kini

Semangat dan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini untuk menjunjung tinggi kaum perempuan patut ditiru. Sosoknya pun banyak menjadi inspirasi kaum hawa

Kartini-Kartini Masa Kini
yabn
Rabaniah, Kader Sanitasi Desa Manduin yang juga menjabat kepala Desa Manduin, Kabupaten Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Semangat dan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini untuk menjunjung tinggi kaum perempuan patut ditiru. Sosoknya pun banyak menjadi inspirasi kaum hawa masa kini.

Tak terkecuali sejumlah perempuan yang mau mengabdikan dirinya untuk melakukan perubahan di masyarakat seperti yang dilakukan oleh Tuti dan Rabaniah kali ini, upaya mereka dalam melakukan perubahan tidak hanya bagi kaum perempuan namun juga seluruh lapisan masyarakat.

Rabaniah, Kader Sanitasi Desa Manduin

Persoalan sanitasi menjadi tantangan di wilayah bantaran sungai seperti halnya di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Selama puluhan tahun masyarakat terbiasa buang air besar sembarangan dan tentunya menjadi ancaman penyakit menular di masyarakat.

Kondisi itu lantas membuat Rabaniah (49) tergerak untuk melakukan perubahan. Bersama 2 orang kader desa Manduin lainnya, dia tergerak untuk mengajak seluruh warga mencari solusi mengentaskan permasalahan turun-temurun tersebut.

“Awal mula kenal program sanitasi, ketika saya ikut satu pelatihan yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan kabupaten Tabalong dan Yayasan Adaro Bangun Negeri, dari situ saya merasa kalau permasalahan tentang jamban dan kebiasaan buang air besar sembarangan ini sangat penting.” Ujar Rabaniah

Hari-hari awalnya tak hanya berat namun juga menantang. Perempuan yang kala itu juga tengah menjabat sebagai kepala desa ini tak mau tinggal diam melihat warganya terus melakukan kebiasaan yang dapat merugikan banyak orang.

Terkadang beberapa kilometer harus ia tempuh untuk mendatangi rumah-rumah warga guna mengingatkan mereka untuk lebih memperhatikan permasalahan sanitasi di lingkungannya.

Perjalanannya pun berlanjut. Satu per satu rumah didatanginya untuk didata siapa saja yang belum memiliki WC, tiap bertemu warga Rabaniahi melempar satu pertanyaan singkat.

Halaman
123
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved