Ekonomi dan Bisnis

Pertamina Rencanakan Lakukan Pembelian Airbus A400, Ini Tujuan Penggunaanya

PT Pertamina merencanakan melakukan pembelian pesawat Airbus A400. Pesawat kelak akan dioperasikan oleh PT Pelita Air Service.

Pertamina Rencanakan Lakukan Pembelian Airbus A400, Ini Tujuan Penggunaanya
pelita-air.com
Ilustrasi pesawat Pelita Air. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina merencanakan melakukan pembelian pesawat Airbus A400. Pembelian pesawat ini nantinya diantaranya direncanakan untuk mendukung perusahaan kargo yang dimiliki oleh PT Pertamina.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo mengungkapkan rencana tersebut.

“Nanti ke depan Pertamina beli Airbus 400,” kata Gatot di Jakarta, Senin (24/4).

Baca: Hal Tak Terduga Diterima Aurel Hermansyah Saat Jadi Penjual Jamu Gendong, Putri Krisdayanti ke Pasar

Baca: Ustadz Abdul Somad dan Aa Gym Dibahas Ustadz Yusuf Mansur Terkait Pilihan Antara Jokowi dan Prabowo

Baca: Napi Karangintan Adu Kuat, ini yang Mereka Lakukan

Meski tak menjelaskan transaksi lebih lanjut, termasuk jumlah uni yang dibeli, Gatot menjelaskan pesawat kelak akan dioperasikan oleh PT Pelita Air Service. Perusahaan kargo yang dimiliki oleh PT Pertamina dan, PT Pertamina Pedeve Indonesia.

Airbus A400 sendiri disebut Gatot telah beberapa kali digunakan pemerintah, misalnya untuk misi penyelamatan bencana tsunami di Palu, Sulawesi Tengah belum lama ini.

“Rescue di Palu itu cepat, karena Airbus A400 hanya butuh landasan pendek, dan puna kapasitas angkut lebih besar dibandingkan Hercules,” jelasnya.

Sedangkan, proyeksinya Pelita Air dapat mempergunakan Airbus A400 untuk pengiriman kargo misalnya ke Papua, dan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. sementara soal transaksi Gatot bilang targetnya tahun ini rampung, dan bisa segera didatangkan unit paling lambat tahun depan.

Pelita Air sendiri kelak disebutkan Gatot juga akan bergabung dalam holding penerbangan yang tengah digodok Kementerian BUMN dan berpotensi dipimpin oleh PT Survei Udara Penas sebagai induk holding.

Baca: Jadwal MotoGP Spanyol 2019 Live Trans7, Valentino Rossi Tegaskan Fokus MotoGP 2019

Baca: Keperawanan Calon Istri Sule Ditanyakan Oleh Hotman Paris, Baby Shima Jawab Begini

Selain Pelita Air, adapula PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), PT Angkasa Pura I, dan PT Angkasa Pura II yang kelak akan jadi anggota holding.

“Garuda itu sudah perusahaan terbuka sehingga lebih sulit untuk jadi induk holding. Sementara Penas memang perusahaan kecil, tapi tahun lalu sudah dapat laba Rp 3 miliar, sehingga relatif lebih mudah,” jelas Gatot.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pertamina akan beli Airbus A400

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved