Yayasan Adaro Bangun Negeri

Program PASS dari Adaro Foundation Bantu Santri Ponpes Al-Islam Tabalong Jadi Wirausaha Mandiri

Program PASS dari Adaro Foundation Bantu Santri Ponpes Al-Islam Jadi Wirausaha Mandiri

Program PASS dari Adaro Foundation Bantu Santri Ponpes Al-Islam Tabalong Jadi Wirausaha Mandiri
yabn
Pimpinan Ponpes Al-Islam Desa Kambitin Gusti Thamberani (kiri) dan Manager Program CSR Adaro Energy, Ghufron Solihin (kanan). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Adaro Foundation bersama Pondok Pesantren Al-Islam, Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalsel, menandatangani nota kesepahaman terkait pelaksanaan Program Adaro Santri Sejahtera (PASS).

Manager Program CSR Adaro Energy, Ghufron Solihin menyampaikan, program ini ditujukan untuk mempersiapkan para santri mengembangkan usaha sehingga bisa mandiri setelah lulus dari pondok pesantren.

"Santri nantinya bisa menjadi wirausaha yang mandiri melalui berbagai pelatihan yang kita lakukan," jelas Ghufron.

Dalam MoU ini, Program PASS mencakup usaha ternak sapi, bebek, budidaya ikan air tawar, pertanian hingga olahan hasil pertanian dan perikanan yang akan dikembangkan di pondok pesantren tersebut. 

Pondok Pesantren Al-Islam, Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalsel yang bakal dikelola dengan bantaun program PASS dari Adaro Foundation.
Pondok Pesantren Al-Islam, Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalsel yang bakal dikelola dengan bantaun program PASS dari Adaro Foundation. (yabn)

Ghufron menyampaikan, Adaro Foundation akan melakukan pendampingan selama tiga tahun kedepan untuk memberikan bimbingan, support alat hingga pelatihan manajemen keuangan kepada pengelola pesantren agar memahami bagaimana mengelola sebuah usaha.

Termasuk memberikan wawasan terkait pemasaran produk baik dalam wadah usaha berupa koperasi atau CV.

Pimpinan Ponpes Al-Islam Desa Kambitin Gusti Thamberani mengaku cukup bangga atas perhatian Adaro dalam pengembangan usaha bagi para santri.

"Lahan pertanian dan perkebunan di pondok pesantren cukup mendukung pelaksanaan program Adaro ini," jelas Thamberani. 

Penandatangan MoU antara Ponpes Al Islam dengan Adaro Foundation.
Penandatangan MoU antara Ponpes Al Islam dengan Adaro Foundation. (yabn)

Selanjutnya para santri diharapkan memanfaatkan pelatihan dan pendampingan dengan baik agar bisa menjadi wirausaha mandiri setelah lulus nanti.

Mewakili Bupati Tabalong, Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Mukhlis Ridhani mengatakan, Program Adaro Santri Sejahtera sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Tabalong yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan agamis.

Peluncuran Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) di Ponpes Al-Islam, Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalsel.
Peluncuran Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) di Ponpes Al-Islam, Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Kalsel. (yabn)

Selain Ponpes Al-Islam Program PASS kedepannya juga akan membina sejumlah pondok pesantren diwilayah Kabupaten Tabalong, Balangan, Amuntai dan Hulu Sungai Tengah. (*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved