Berita Banjarmasin

Dapat Bantuan ZIS dari Baznas Kota Banjarmasin, 150 Kaum Dhuafa Merasa Terharu

Penyerahan bantuan ZIS Baznas Kota Banjarmasin secara simbolik berpusat di Kecamatan Banjarmasin Tengah oleh Wali Kota Ibnu Sina disaksikan Camat.

Dapat Bantuan ZIS dari Baznas Kota Banjarmasin, 150 Kaum Dhuafa Merasa Terharu
Milna Sari
Ilustrasi - Ketua BAZNAS Provinsi Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR menyerahkan bantuan untuk ibu hamil di Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Nursam bersama 150 orang kaum dhuafa yang ada di Kecamatan Banjarmasin Tengah mengaku terharu dan menyambut gembira menerima bantuan zakat infaq dan sedekah (ZIS) untuk dhuafa se Kota Banjarmasin yang berlangsung di Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah, Selasa (23/4/2019).

Menurut warga Kelayan A Banjarmasin ini, bantuan ini sangat berguna buat keperluan hidup sehari-hari. "Suami saya sudah tua dan saya juga tidak bisa bekerja. Saya juga tidak punya anak, sehingga biaya hidup dibantu keponakan dan keluarga saja," ucap Nursam.

Terpisah, Ketua Baznas Kota Banjarmasin, H Murjani Sani mengungkapkan pendistibusian bantuan ZIS untuk dhuafa ada di dua tempat, di Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Penyerahan bantuan ZIS Baznas Kota Banjarmasin secara simbolik berpusat di Kecamatan Banjarmasin Tengah oleh Wali Kota Ibnu Sina disaksikan Camat Banjarmasin, Kesra serta petinggi Baznas Kota Banjarmasin.

Baca: DPW PKB Kalsel Bersyukur Masih Bisa Pertahankan Enam Kursi di Rumah Banjar

Baca: Presentasi di Hadapan Tim Penilai WTN, Bupati HSS Beberkan Inovasi Bus Sekolah Gratis

Ditambahkan Murjani, pendistribuan ZIS dilanjutkan di Kecamatan Banjarmasin Barat 2 Mei dan berlanjut Banjarmasin Timur dan Kecamatan Utara.

"Tiap kecamatan sebanyak 150 kaum duafa yang mendapat bantuan hingga total 750 orang. Sisanya, 250 orang kaum dhuafa yang ada di lingkungan Masjid Miftahul Ihsan, pengurus Baznas dan lain-lain," tegasnya.

Murjani yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel ini mengatakan bantuan dana Rp 200.000 per orang, bisa membantu keluarga kurang mampu di sekitar lingkungan.

Ditambahkanya, di tahun 2018 penerimaan zakat infaq dari masyarakat Banjarmasin sebanyak Rp 1,7 miliar.

"Di tahun 2019 di targetkan mencapai Rp 3 miliar. Hingga saat ini, jumlah yang didapat Rp 500 juta dan diharapkan orang orang kaya di Banjarmasin menyisihkan uangnya buat berzakat hingga target itu bisa tercapai," harapnya.

Terpisah, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan pendistribusian ZIS ini sebagai bentuk pertanggungjawaban Baznas Kota yang menerima zakat dari muzaki untuk diserahkan ke kaum dhuafa.

Baca: Wabup Kotabaru Datangi PLN, Bahas Rencana Pengembangan Listrik Bawah Laut ke Pulau Sebuku

Baca: Reaksi Penonton Avengers : Endgame di Pemutaran Perdananya, Peran Hawkeye Menggebrak?

"Penerima ZIS ini memang tepat sasaran, mengingat sebelumnya pihak kecamatan yang mencarikan kaum dhuafa terlebih dahulu melakukan kroscek ke lapangan," tandasnya.

Ditambahkan Ibnu, bantuan langsung ini agar bisa dipergunakan modal usaha atau keperluan yang bermanfaat.
kan untuk pulsa dan lain-lain.

Wali Kota Banjarmasin ini juga optimis target dicanangkan Baznas Banjarmasin mendapatkan zakat dari masyarakat Rp 3 miliar bisa tercapai.

"Apalagi penyaluran dananya transparan, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat meningkat," pungkas Ibnu Sina. (banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved