Berita Kabupaten Banjar

Median Jalan A Yani Kertakhanyar - Gambut Ditumbuhi Ilalang, Ini Kata Kepala DLH Banjar

Median Jalan A Yani dari Km 10 Kertakhanyar hingga Gambut Kabupaten Banjar seakan tak terawat. Tumbuh ilalang tak beraturan, ditambahi semak-semak.

Median Jalan A Yani Kertakhanyar - Gambut Ditumbuhi Ilalang, Ini Kata Kepala DLH Banjar
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Median jalan A Yani Km 7 Kertak Hanyar dan Gambut Kabupaten Banjar ditumbuhi tanaman liar, Selasa (23/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Median Jalan A Yani dari Km 10 Kertakhanyar hingga Gambut seakan tak terawat. Tumbuh ilalang tak beraturan, ditambahi semak-semak yang menjorok ke badan Jalan A Yani, sehingga sedikit banyak mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Kawasan tersebut merupakan gerbang masuk Kota Banjarmasin dan pintu gerbang kawasan Kabupaten Banjar.

Median jalan dengan dasar paving block, sehingga keberadaan rerumputan merusak pemandangan median jalan tersebut, terlebih cabang-cabang pohon yang tumbuh juga menjorok ke badan jalan.

Seorang pengguna jalan, Rina menyayangkan median jalan yang merupakan sebagai pintu gerbang ke Kota Banjarmasin seakan tak terawat.

Ketika orang dari luar Kalsel begitu tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru menuju Banjarmasin, melewati kawasan tersebut, tentulah menimbulkan image yang kurang mengenakan.

Baca: Oknum Perwira Polres Palangkaraya Tabrak Mati Tiga Mahasiswa Pelangkaraya di Proses Polda Kalteng

"Sayang saja, khan idealnya sebagai kawasan pintu gerbang Banjarmasin yang merupakan ibukota provinsi Kalsel memberikan kesan kota yang indah, terawat dan tentunya menyejukan," katanya.

Dirinya pun mengharapkan ada perhatian dari instansi terkait, agar setidaknya ada perawatan dan jika ada pembatas median yang rusak, bisa diperbaiki atau dimodifikasi agar enak dipandang. Mengingat, kawasan A Yani Kertakhanyar Gambut adalah pintu gerbang.

Warga A Yani Km 10, Bambang juga mengharapkan kondisi tersebut bisa segera ditangani. Memberi kesan semrawut dan tidak ada perhatian baik dari Pemkab Banjar, karena merupakan wilayah administratif Kabupaten Banjar, apalagi sudah berturut-turut meraih Adipura.

"Memang dibiarkan, lihat saja cabang-cabang pohon tumbuh tak beraturan, apalagi ilalang juga tumbuh makin tinggi," keluhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Triestiyanto ketika dikonfirmasi mengatakan, median jalan A Yani Kertakhanyar - Gambut bukanlah kewenangan pihaknya. Dirinya pun mempersilakan menanyakan kepada Balai Besar Jalan Jembatan Nasional XI, merupakan tanggungjawab Balai karena merupakan jalan nasional.

"Silakan tanyakan kepada Balai, bukan kewenangan kami dan kami tidak ingin disalahkan terus," pungkasnya.

Baca: Wabup Kotabaru Datangi PLN, Bahas Rencana Pengembangan Listrik Bawah Laut ke Pulau Sebuku

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalsel yang akan menjabat Satker SKPD, M Yasin Toyib mengatakan, pihaknya dalam satu minggu atau dua minggu ini akan segera menangani, dikarenakan baru kontrak. Dikerjakan oleh PT Perdana Pansela.

"Karena baru kontrak, item pengendalian tanaman 15.130 meter persegi, pembersihan saja. Persisnya dari A Yani Km 6 sampai A Yani Km 17, pembersihan tanaman dan kontraknya sampai akhir tahun," katanya, Selasa (22/4). (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved