Berita HST

Penjelasan KPU Kalsel Terkait PSU dan Larangan Memilih Bukan Domisili, Ini Jumlah Surat Suara PSU

KPU) Provinsi Kalimantan Selatan, pemungutan suara ulang (PSU) ini dikarenakan adanya tujuh pemilih yang bukan warga Desa Matang Ginalun.

Penjelasan KPU Kalsel Terkait PSU dan Larangan Memilih Bukan Domisili, Ini Jumlah Surat Suara PSU
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Proses perghitungan suara hasil pemungutan suara ulang (PSU) di Matang Ginalun, Pandawan HST, Rabu (23/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmuji, mengatakan jika pemungutan suara ulang (PSU) ini dikarenakan adanya tujuh pemilih yang bukan warga Desa Matang Ginalon.

Menurutnya, dasar pemilih adalah daftar pemilih tetap atau daftar pemilih tambahan maupun pemilih yang mengantongi A5. Sayangnya ketujuh pemilih ini tak mengantongi A5. Di TPS 03 Desa Matang Ginalon ada 242 daftar pemilih tetap (DPT).

Termasuk, Salbiah warga Matang Ginalon, yang masih mengantongi Kartu Tanda Penduduk Desa Cukai Lipai. Ahlasil, Salbiah tak bisa memberikan suaranya pada pemungutan suara ulang (PSU) di tempat pemungutan suara (TPS) 03 Desa Matang Ginalon, Selasa (24/4/2019).

Menurutnya, dasar pemilihan adalah EKTP maupun surat keterangan.

Baca: Salbiah Kecewa Tak Bisa Berikah Hak Suaranya Pada PSU di Matang Ginalun, Pandawan HST

Baca: NEWSVIDEO : Pemungutan Suara Ulang Di TPS 03 Desa Matang Ginalun Kabupaten Hulu Sungai Tengah

“Ketika memasukan DPT, bisa menggunakan kartu keluarga. Namun, ketika DPT sudah terbit, maka dasarnya adalah EKTP. Tidak boleh warga di luar domisili memilih tanpa keterangan surat pindah memilih,” jelasnya.

Dijelaskan Sarmuji, pemilihan ulang ini berdasarkan usulan dari Panwascam yang menemukan tujuh orang pemilih di luar Desa Matang Ginalon. Apalagi, berdasarkan syarat, PSU dapat dilakukan ketika ada lebih dari satu pemilih dari luar.

Selain itu, bebernya, PSU tidak ada perbedaan dengan pemungutan suara pada pemilhan umum 17 April lalu. Yang membedakan hanya surat suara yang bertuliskan pemungutan suara ulang pada bagian belakang.

Di Kalimantan Selatan, bebernya, KPU menyediakan seribu lembar surat suara baik pilpres, pileg, maupun DPD.

“Kalau pileg berdasarkan dapil kami sediakan sebanyak seribu lembar. Selain di Hulu Sungai Tengah ada dua daerah lagi yang PSU yakni Balangan dan Hulu Sungai Utara,” tuntasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved