Berita Kotabaru

Wabup Kotabaru Datangi PLN, Bahas Rencana Pengembangan Listrik Bawah Laut ke Pulau Sebuku

Rupanya harapan warga bakal terwujud. PT PLN Kalselteng merencanakan membangun jaringan listrik bawah laut ke Pulau Sebuku.

Wabup Kotabaru Datangi PLN, Bahas Rencana Pengembangan Listrik Bawah Laut ke Pulau Sebuku
istimewa
Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin saat melakukan pertemuan dengan General Manager PT PLN Kalselteng terkait rencana pengembangan jaringan listrik ke Pulau Sebuku. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Warga Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru hingga kini terus mendambakan  bisa dinikmati listrik selama 1 x 24 jam. 

Berbagai cara mereka lakukan untuk mewujudkan harapan tersebut termasuk mengadukanya ke DPRD Kotabaru dan ke Pemerintah Daerah Kotabaru, dengan harapan keinginan mereka itu bisa terwujud.

Rupanya harapan warga bakal terwujud. PT PLN Kalselteng merencanakan membangun jaringan listrik bawah laut ke Pulau Sebuku.

Baca: Presentasi di Hadapan Tim Penilai WTN, Bupati HSS Beberkan Inovasi Bus Sekolah Gratis

Baca: Jadwal MotoGP Spanyol 2019, Live Trans 7, Tim Ducati Siapkan Strategi Khusus Kalahkan Marc Marquez

Baca: Reaksi Penonton Avengers : Endgame di Pemutaran Perdananya, Peran Hawkeye Menggebrak?

Terkait rencana tersebut, Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin melakukan pertemuan dan koordinasi dari GM PLN Kalselteng pada Senin (22/4/19) kemarin di Banjarbaru.

Selanjutnya, pada Jumat (26/4/19) mendatang, tim dari PLN dan Wakil Bupati Kotabaru akan melakukan survei dilapangan untuk menentukan titiknya. Sehingga bisa menentukan langkah yang bakal diambil selanjutnya. 

"Kita harus berkoordinasi karena rencana pemasangan jaringan ke Pulau Sebuku, jalur itu melintasi wilayah BCS perusahaan pertambangan, maka kami juga berkoordinasi dengan dinas pertambangan. Dan ternyata tidak perlu izin melainkan hanya pemberitahuan saja, " katanya.

Setelah ke Dinas Pertambangan dan bersama pihak PLN akan langsung memberikan surat ke Dinas Pertambangan Provinsi Kalsel. Sebab itu, tim akan melakukan survey dan penentuan titiknya.

"Sebelumnya kami juga sudah menelpon direktur BCS terkait rencana itu. Namun setelah berkoordinasi dari Dinas Pertambangan ternyata tidak perlu izin dari pemilik IUP tapi pemberitahuan saja, " katanya.

Setelah itu, PLN akan melakukan kajian dengan harapan akan segera dibangun jaringannya dari Tanjung Serdang, Gunung Aru dan nyebrang menuju Ke Pulau Sebuku.

"Ini dalam rangka menyalurkan listrik selama 1 x 24 jam, disamping ada juga permintaan jaringan listrik dari PT Silo untuk similter. Sehingga bila itu jalan, maka akan menyerap tenaga kerja warga Pulau Sebuku dan ini juga akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat setempat, " katanya.

Burhan yang sudah bersinaergi dengan PLN sejak masih menjadi anggota DPRD Provinsi itu terus menjalin koordinasi. Sehingga harapannya pelaksanaan dan keinginan masyarakat itu bisa tercapai dan dunia usaha juga jalan yang berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca: Diyang Batola Berparas Cantik Fokus Kuliah dan Terpaksa Kurangi Aktivitas Latihan Menari

Baca: Tunanetra Martapura Cekatan Bikin Kemoceng, Produksinya Terserap ke Pasar Ini

"Harapannya dengan jalannya ini, Pulau Sebuku bisa kembali ramai dan dengan jalannya Similter PT Silo, nantinya juga akan muncul industri indutsri lain, misalnya saja industri perikanan dan industri lain yang bisa mengelolan kekayaan alam di Pulau Sebuku, " katanya.

Nah setelah survey pada Jumat nanti akan ada penentuan titik dan sistemnya. PLN melakukan pengkajian dan sesegeranya bisa dibangun untuk masyarakat karena jaringannyang dibangun diperkiran sekitar 10 KM. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved