Berita HSS

NEWSVIDEO : Baznas Kalsel Biayai 25 Ibu Hamil Prasejahtera Selama Enam Bulan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel berhasil melaksankan program Ibu Hamil Sehat, untuk 25 orang perempuan hamil, pada 2018 lalu di HSS.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel berhasil melaksankan program Ibu Hamil Sehat, untuk 25 orang perempuan hamil, pada 2018 lalu, yang tersebar di tujuh kecamatan di Hulu Sungai Selatan.

Program tersebut diberikan untuk keluarga prasejahtera, yang dinilai tak mampu memenuhi kebutuhan gizinya selama hamil, karena lemahnya ekonomi keluarga dan rendahnya pendapatan.

Ketua Baznas HSS, KUnur Tajeri, kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (24/4/2019) menyatakan, para penerima bantuan tersebut diberikan bantuan berupa makanan sehat ibu hamil, sejak kandungannya berusia tiga bulan.

“Selanjutnya, diberi edukasi dan pendampingan sampai melahirkan. Untuk itu, Baznas Kalsel dan Baznas HSS bekerjasama dengan DInas Kesehatan HSS, mulai pemberian makanan sampai melahirkan,”kata Kunur, di sela kegiatan Syukuran dan Tasmiyah (pemberian nama bayi) bersama Program ibu Hamil Sehat, di Gedung Pramuka Kandangan.

Dijjelaskan, pihak Baznas sengaja tak memberikan bantuan uang langsung, dengan tujuan bantuan tersebut tepat sasaran. Dalam arti tak digunakan penerima untuk kepentingan lain.

Baca: Ditinggal Melaut, Rumah Anshari Pudin Terbakar dan Tinggal Puing di Aluh-aluh Besar

Selama dua kali dalam sebulan, pihak DInkes menyalurkan bantuan makanan sehat seperti daging, ayam sayuran, buah-buahan, susu serta makanan sehat lainnya. Disebutkan, program tersebut 95 persen dibiayai Baznas Kalsel, dengan budget Rp 5 juta per orang.

Adapun warga miskin ibu hamil yang menerima bantuan, dipilih berdasarkan survei, dengan bantuan bidan desa. Selanjutnya, diakukan verifikasi lapangan oleh Baznas Kalsel, sehingga program tersebut tepat sasaran.

Sementara, dari 25 orang penerima program, 10 orang sudah melahirkan bayinya dengan sehat dan selamat. Satu orang bayinya meninggal dalam kandungan dan satu orang lagi lahir prematur. “13 orang lainnya, masih dalam proses menunggu kelahiran,”jelas Kunur.

Sementara itu, 10 ibu hamil yang telah melahirkan dari usia bayi satu minggu hingga tiga bulan, siang tadi mengikuti syukuran dan tasmiyah (peresmian nama bayi) mereka. Kegiatan syukuran tersebut diselenggarakan Baznas HSS dengan mengundang Baznas Kalsel.

Hadir pada kegiatan tersebut, Pangeran GUsti H RUsdi Effendi AR dan pengurus lainnya, serta para ulama di HSS, Kepala Kemenag HSS, dari Pemkab HSS diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, H M Thaha, serta jajaran Dinkes HSS.

Baca: Lima Kecamatan di Tanahlaut Selesai Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2019

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved