Berita Kalteng

Pemantauan Hilal Penentuan Puasa Dilakukan di Tower Masjid Darussalam Palangkaraya

Bulan Ramadan diperkirakan tinggal dua minggu lagi, meski organisasi Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan akan tiba tanggal, 6 Mei 2019

Pemantauan Hilal Penentuan Puasa Dilakukan di Tower Masjid Darussalam Palangkaraya
tribunkalteng.co/fathurahman
Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Bulan Ramadan diperkirakan tinggal dua minggu lagi, meski organisasi Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan akan tiba tanggal, 6 Mei 2019, secara resmi pemerintah, melalui Kementerian Agama belum memutuskannya.

Dalam memutuskan awal Ramadan tersebut, pemerintah tetap mengacu pada kebiasaan sejak lama yakni melihat kemunculan bulan baru atau melihat hilal yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 5 Mei 2019 bersama dengan perwakilan dari Organisasi Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama serta ormas lainnya.

Kepala Kemenag Kalteng, H Masrawan, saat dikonfirmasi, Rabu (24/4/2019) mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu perintah dari Kementerian Agama pusat untuk menentukan awal Ramadan tahun 2019 tersebut.

Baca: Ayah Irish Bella Tinggalkan Bali Jelang Nikahan Ammar Zoni & Anaknya, Johan De Beule Isyaratkan Ini

Baca: Tangis AHY Lihat Perubahan Istri SBY, Ani Yudhoyono, Annisa Pohan Ungkap Kondisi sang Mertua

Baca: Hanya Fiksi, Pernahkah Anda Bertanya Apa yang Terjadi Bila Jentikan Jari Thanos itu Nyata?

Baca: Tangis Nikita Mirzani Jelang Kelahiran Anaknya, Perlakuan Dipo Latief Selama Kehamilan Terungkap

Menurut dia, seperti tahun sebelumnya, nantinya akan ada perintah resmi dari Kemenag Pusat untuk semua kemenag di Kantor Wilayah se Indonesia bersama sejumlah perwakilan organisasi islam untuk melakukan pemantauan hilal di daerahnya masing-masing.

"Diperkirakan pemantauan hilal akan dilakukan tanggal 5 Mei 2019, di Kalteng khusus di Palangkaraya rencananya akan dilakukan di tower Masjid Raya Darussalam di atas ketinggian 114 meter yang memang salah satunya tower tersebut dirancang untuk memantau hilal," ujarnya.

Meskipun, pemerintah belum menentukan awal puasa, namun beberapa kalangan menyebutkan, awal bulan puasa atau awal Ramadan tahun 2019 ini antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah diperkirakan tidak ada perbedaan alias sama-sama akan dilaksanakan tanggal 6 Mei 2019.

banjarmasinpost.co.id /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved