Penawaran Pinjaman Online Marak

Fikri Terganggu SMS Pinjaman Tunai, Lebih Rendah dari Bunga Bank, Cair Dipotong 20 Persen

Melihat bunganya yang di bawah bunga bank, tentu ini menggiurkan. Benarkah? Untuk membuktikannya BPost menghubungi nomor pengirim.

Fikri Terganggu SMS Pinjaman Tunai, Lebih Rendah dari Bunga Bank, Cair Dipotong 20 Persen
capture/BPost Edisi cetak
Banjarmasin Post Edisi Kamis, 25 April 2019 Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak bisa dipungkiri, setiap orang yang memiliki telepon seluler pasti pernah mendapat SMS berisi penawaran pinjaman uang. Entah dari mana pengirimnya mendapatkan nomor kita.

Salah satu SMS yang beredar adalah, "Kami menawarkan pinjaman berbasis online dengan bunga cuma 2 persen per tahun. Minimal pinjaman Rp 5 juta sampai Rp 130 juta. Jika minat silakan chat WA. Cepat dan Amanah 100 persen."

Melihat bunganya yang di bawah bunga bank, tentu ini menggiurkan. Benarkah? Untuk membuktikannya BPost menghubungi nomor pengirim. Dia mengaku bernama Agus.

Pria yang mengaku dari Kota Malang Jawa Timur ini mengatakan kantornya melayani seluruh Indonesia. "Proses cepat, 2-3 jam langsung ACC. Tanpa agunan, tanpa survei, bunga tetap dua persen pertahun. Pinjaman minimalnya Rp 5 juta dan maksimal Rp 200, untuk masa tenor atau angsuran satu tahun sampai lima tahun," ujarnya.

Baca: YLKI Kalsel : Waspada, Jangan Sampai Terjebak Perkreditan Bermasalah atau Rentenir

Baca: Yahya Tiga Kali Pinjam Modal Usaha Lewat Aplikasi Online, Ini yang Terjadi Jika Terlambat Bayar

Baca: SMS Pinjaman Tunai yang Kian Marak, Tanpa Agunan, Langsung Dipotong 20 Persen Saat Cair

Ketika BPost menanyakan persyaratan, dia langsung memaparkan cara pengajuan pinjaman melalui WhatsApp. "Tinggal foto KTP, kartu keluarga dan buku rekening yang masih aktif, isi formulir dan menyetorkan biaya deposit sementara untuk pencairan pinjaman," katanya.

Saat ditanya soal biaya deposit, dia menjelaskan itu biaya admin sekaligus penganti tanda tangan nasabah yang bersifat sementara. “Nanti dikembali bersamaan dengan pencairan pinjaman,” ujarnya.

Lain lagi dengan tawaran yang disampaikan Jaim. Ini berawal dari SMS yang diterima BPost.

"Dana multiguna agunan BPKB Motor/Mobil/Pickup/Truck Resmi, cepat. Bunga 0,86 tanpa BI Check," begitu bunyi pesan penawarannya.

Saat dihubungi, Jaim menjelaskan syarat pinjamannya yakni KTP, KK, PBB dan rekening tiga bulan terakhir. Dia meminta reporter BPost untuk mengisi data agar simulasi perhitungan dana pinjaman bisa dihitung.

Di antaranya nama, kota, tipe unit kendaraan, tahun dan tenor. Sekitar 10 menit menunggu simulasi hitungan dikirimkannya. "Estimasi kalau pinjam Rp 7 juta 12 x 876 rb, ini angsurannya pak," katanya.

Halaman
1234
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved