Kalsel Bergerak

Jelang Ramadhan, TPID Pemprov Kalsel Gelar Rakor, Ini Harapan Gubernur Kalsel 

Jelang Ramadhan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi di Aula Aberani Sulaiman.

Jelang Ramadhan, TPID Pemprov Kalsel Gelar Rakor, Ini Harapan Gubernur Kalsel 
(banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi di Aula Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Kamis (25/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jelang Ramadhan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi di Aula Aberani Sulaiman, Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Kamis (25/4/2019)

Acara rakor yang dihadiri TPID 13 kabupaten kota di Banua itu dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di dampingi Sekda Provinsi Kalimantan Selatan. 

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengungkapkan setiap tahun harga di pasaran menjelang Ramadhan naik.

 

"Tapi kenaikan harga harus diatur agar tidak melonjak tinggi sehingga menyusahkan masyarakat. Misal sembako, gula, daging telor untuk sahur dan berbuka. Diatur bagaimana tidak terjadi inflasi yang tinggi," kata dia

Menurut Gubernur, sebagaimana gambaran, tahun 2018, pencapaian Inflasi Indeks Harga Konsumen di Kalsel, secara tahunan tercatat sebesar 2,63 persen, atau tetap terkendali di bawah sasaran inflasi Kalsel.

Angka 2,63 persen ini, juga masih berada dibawah angka inflasi nasional sebesar 3,13 persen.

Serta bawah sasaran nasional yang ditetapkan 3,75 plus minus satu persen.

Untuk menjaga ritme, dan Kinerja Pengendalian Inflasi secara nasional, tim Pengedalian Inflasi Pusat (TPIP) telah mengambil langkah strategis.

Langkah tersebut antaranya, 
Pertama, menjaga inflasi dalam kisaran sasaran, terutama ditopang Pengedalian inflasi Volatile Food Maksimal di Kisaran 4-5 persen.

"Strategis ini dilakukan melalui empat kebijakan utama (4K) terkait keterjangkauan harga, ketersediaan sapsokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved