Ekonomi dan Bisnis

Tips Supaya Bisnis Offline dan Online Kamu Berkembang Bersamaan, Ingat Cara-cara Ini

Menjadi pebisnis yang harus memiliki dua platform offline dan online, memang susah-susah gampang. Banyak sekali cara pemasaran yang berbeda dari

Tips Supaya Bisnis Offline dan Online Kamu Berkembang Bersamaan, Ingat Cara-cara Ini
istimewa
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menjadi pebisnis yang harus memiliki dua platform offline dan online, memang susah-susah gampang. Banyak sekali cara pemasaran yang berbeda dari kedua platform tersebut.

"Ada cara-cara yang berbeda saat kita memiliki dua platform bisnis. Disisi lain kita harus mengikuti teknologi yang berkembang sehingga harus multi-platform disamping kita juga harus menguatkan yang offline," kata Chief of Marketing Ruparupa.com Budiono Darmawan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Bila Anda masih kebingungan memasarkan produk di online maupun offline, perhatikan cara-cara ini:

1. Visualisasi

Visualisasi sangat penting dilakukan. Apalagi dari sisi pemasaran online. Namun, orang kerap lupa dengan segi visualisasi. Padahal, visualisasi ini sangat menopang keseimbangan bisnis offline dan online.

"Pertama, yang terpenting adalah visualisasi. Bagaimana caranya kita bisa membuat orang yang berbelanja online seolah-olah berbelanja offline sehingga mereka bisa merasa menyentuhnya dan melihatnya secara langsung," kata Budi.

Baca: Protokoler Cantik Tanahbumbu Ini Sejak Kecil Pandai Memainkan Kesenian Banjar Madihin

Baca: Tips Memaksimalkan Ibadah Puasa Ramadhan 2019, Lakukan Amalan Sunah Nabi Muhammad SAW

Cara yang dapat dilakukan dalam pemasaran online adalah memberikan foto produk sebanyak-banyaknya dari sisi yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa memadu madankan produk yang dijual dengan aksesoris lainnya.

"Contohnya, bila Anda memiliki bisnis furniture, Anda bisa padu padankan sofa dengan lampu hias, tempat tidur dengan pajangan dinding, maupun meja dengan vas bunga," ucap Budi.

2. Tidak Fokus Hanya di Satu Platform

Jangan hanya fokus pada bisnis offline maupun online Anda. Bila Anda ingin kedua bisnis berjalan lancar, seimbangkanlah cara pemasarannya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved