Ekonomi dan Bisnis

Hadapi Ramadan dan Lebaran, Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasi dan Uji Jaringan

Memasuki momen ramadan dan lebaran Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi

Hadapi Ramadan dan Lebaran, Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasi dan Uji Jaringan
Istimewa/Layli
Uji jaringan Indosat Ooredo di kawasan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki momen ramadan dan lebaran Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat.

Seiring dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, dimana perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 terabyte/hari.

Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20 persen.

Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS/hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari.

Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic menyampaikan, kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat.

Baca: Bukan Soal Naomi Zaskia, Ini Respons Tak Terduga Sule Soal Polemik Istri Andre Taulany dan Prabowo

Baca: Pengakuan Mengejutkan Nissa Sabyan Tentang Sosok Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ingin Berhijab?

Baca: Cerita di Balik Bom Bunuh Diri Sri Lanka, Pelaku Ini Frustrasi karena Gagal Ledakan Diri

Baca: Ramadhan 2019, Ini 4 Amalan yang Dianjurkan serta Manfaat Ibadah Puasa untuk Tubuh dan Mental

"Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Kegiatan uji jaringan dilakukan tidak hanya di Jawa namun juga di beberapa kota di luar Jawa, sebagai bagian dari kesiapan jaringan secara nasional di seluruh Indonesia.

Uji jaringan yang dilakukan serentak di lima kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia, masing-masing Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Makassar-Sulawesi Selatan pada Kamis (25/4/2019).

Uji jaringan dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran, di antaranya di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dan Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin.

Dalam uji jaringan tersebut juga menunjukkan coverage jaringan 4G Plus secara kontinyu yang dilakukan melalui berbagai aktivitas layanan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call.

Dari hasil pengetesan menunjukkan sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Dalam kegiatan uji jaringan diperoleh kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps.

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 4,47% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved