Pemilu 2019

Petugas KPPS Terus Berjatuhan, Jumlah Meninggal Dunia Mencapai 272, Terbaru Terjadi di Makassar

Hingga saat ini petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang menghembuskan nafas terakhirnya tercatat ada 272 petugas

Petugas KPPS Terus Berjatuhan, Jumlah Meninggal Dunia Mencapai 272, Terbaru Terjadi di Makassar
Amiruddin/TribunTimur
Suasana rumah duka Seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bernama Radianyansa (31), meninggal dunia, Sabtu (27/4/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKASSAR - Hingga saat ini petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang menghembuskan nafas terakhirnya tercatat ada 272 petugas. Mereka meninggal dunia usai melaksanakan tugasnya.

Terbaru, seorang petugas KPPS di Kelurahan Bunga Eja Beru, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, meninggal dunia, setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena kelelahan.

Petugas bernama Radiansyah (31) itu dirawat setelah penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia merupakan anggota KPPS di TPS 09 Bunga Eja Beru.

Radiansyah meninggal dunia pada pukul 17.00 Wita di Rumah Sakit Pelamonia, Sabtu (27/4/2019) sore.

Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari mengungkapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Radiansyah.

Baca: Satu Anggota KPPS di Basirih Meninggal dan Sakit, Ini yang Dilakukan Komisioner KPU

Baca: Diduga Kelelahan Begadang, Anggota KPPS Desa Muning HSS Meninggal Dunia

Baca: 119 Petugas KPPS dan 15 Polisi Meninggal, Begini Data Lengkapnya dan Harapan Pemilu ke Depan

Baca juga: Hingga Sabtu, Jumlah Anggota KPPS Meninggal Bertambah Jadi 272 Orang

"KPU Kota Makassar berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya salah seorang penyelenggara adhoc kami," kata Endang, Minggu (28/4/2019).

Endang Sari mengatakan, Radiansyah kelelahan dan dirawat di rumah sakit setelah proses rekapitulasi suara di TPS selesai pada 17 April 2019.

Suasana di rumah duka Petugas KPPS M Rizaldi yang meninggal dunia, Sabtu (27/4/2019)
Suasana di rumah duka Petugas KPPS M Rizaldi yang meninggal dunia, Sabtu (27/4/2019) (KPU Kalsel Untuk BPOST)

"Beliau sempat dirawat di RS Pelamonia setelah kelelahan pasca menyelesaikan tugasnya melakukan rekap suara sebagai KPPS dan TPS tempat Almarhum bertugas baru saja selesai direkap," ujar Endang.

Saat ini, jenazah Radiansyah telah dimakamkan setelah disemayamkan di rumah duka, di Jalan Tinumbu Lorong 142, RW 2/RT 04, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Foto almarhum Ganjar semasa hidup (yang dilingkari) salah seorang Ketua PPS di Kecamatan Karang Agung Banyuasin Sumsel yang meninggal saat bertugas sebagai KPPS Pemilu 2019
Foto almarhum Ganjar semasa hidup (yang dilingkari) salah seorang Ketua PPS di Kecamatan Karang Agung Banyuasin Sumsel yang meninggal saat bertugas sebagai KPPS Pemilu 2019 (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

Kematian Radiansyah menambah duka mendalam atas berpulangnya ratusan petugas yang turut terlibat dalam proses Pemilu 2019.

Terakhir, tercatat ada 272 petugas KPPS yang meninggal dunia usai melaksanakan tugasnya.

"Selamat jalan Saudara kami, Radiansyah. Insya Allah diterima mulia di sisi-Nya. Terimakasih atas baktinya mengawal demokrasi kita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Almarhum telah syahid dalam menjalankan tugas mulia mengawal demokrasi di negara kita," kata Endang.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved