Pemilu 2019

Ini Hasil Rekapitulasi KPU Banjarbaru Suara Caleg di Pileg 2019, Golkar Terbanyak, Gerindra Merata

Tapi perolehan Gerindra lebih merata di empat Dapil berbeda di Banjarbaru. Sehingga perolehan suara di tiap Dapilnya tidak menyeluruh.

Ini Hasil Rekapitulasi KPU Banjarbaru Suara Caleg di Pileg 2019, Golkar Terbanyak, Gerindra Merata
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Proses Rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Banjarbaru di Novotel Banjarabru, Rabu (1/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Proses rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara di Kota Banjarbaru sudah selesai, Rabu (1/5/2019). Puncaknya diketahui suara Golkar terbanyak, namun, suara Golkar tidak merata di tiap Dapil, kalah merata dengan Gerindra yang menjadi saingan pada Pemilu 2019 ini.

Dari data diolah dari Form DB 1 hasil pleno yang dihitung, Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 22.143 sedangkan Gerindra 20.147 suara.

Tapi perolehan Gerindra lebih merata di empat Dapil berbeda di Banjarbaru. Sehingga perolehan suara di tiap Dapilnya tidak menyeluruh.

Dari komposisi total sebanyak 30 anggota DPRD Kota Banjarbaru, Partai Gerindra dipastikan meraih enam kursi.

Otomatis ini akan menjadikan wajah baru ketua DPRD Kota Banjarbaru, yang selama ini dipegang oleh Golkar.
Golkar berada dibawah Gerindra dengan perolehan suara lima kursi.

Baca: Pleno Rekapitulasi Hasil Pencoblosan Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten HST Dimulai Kamis

Menanggapi perolehan Gerindra di Banjarbaru ini, Ketua DPC Gerindra Banjarbaru, Syahriani mengaku tidak kaget. Sebab hal itu sudah sesuai target.

"Ya, Gerindra sendiri sudah menyangka karena pakai target. Target kami tujuh kursi di Banjarbaru. Tapi kali ini enam kursi di DPRD Banjarbaru dan bisa menjadi pimpinan di DPRD Banjarbaru," kata Syahriani.

Mantan Sekda Banjarbaru ini, memastikan bahwa sudah pasti ketua dari Gerindra."Tapi siapa ketuanya, ya masih akan diproses melalui mekanisme internal partai politik. Di Internal partai, belum membicarakan karena belum dilantik. Setelah dilantik baru," kata Syahriani.

Tapi, sambung Syahriani, jabatan ketua DPRD Banjarbaru dari Gerindra itu sudah hampir dipastikan orang yang terbanyak jumlah kursinya. 
dan memenuhi persyaratan.

"Kalau hitungan sementara kan di Gerindra, tertinggi IR Syamsyuri di Dapil 1 Kota Banjarbaru. Dia juga Petahana Gerindra. Ya kemungkinan besar dia yang akan duduk karena dia meraih surat terbanyak," lontarnya.

Baca: Disbudpar Batola Usulkan Pembuatan Kolam Renang Rp 9 Miliar ke Kemenpora, Ini Tujuannya

Sementara Ketua KPU, Hegar Wahyu Hidayat menjelaskan untuk suara Partai Politik didominasi oleh Gerindra sebagai mana kesesuaian dengan data dari masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). "Gerindra lalu Golkar, disusul  PPP dan Nasdem berbagi. Ada sembilan Parpol yang dapat kursi di DPRD Banjarbaru," kata Hegar Wahyu Hidayat.

Hegar lebih jauh menjelaskan tingkat Partisipasi pemilih untuk Kota Banjarbaru mencapai angka 79,1 persen. Lebih tinggi dari target KPU nasional 77,5 persen. Total DPT untuk Kota Banjarbaru ada 144 lebih ditambah DPTb. Secara umum Rapat Pleno Rekapitulasi tingkat Kota ini berjalan lancar, aman dan tidak ada gangguan," jelasnya.

Dia menjelaskan, data yang dimiliki oleh saksi Parpol juga sesuai dengan hasil rekapitulasi disetiap Kecamatan. Sehingga tidak untuk rekapitulasi tingkat Kota tidak ada masalah lagi.

"Saya berkeyakinan di Kota Banjarbaru Banjarbaru tidak ada gugatan soal pemilu ini kedepan. Sahingga kami menuntaskan pemilu tanpa berlama-lama. Kedepan tinggal Rekapitulasi tingkat Provinsi dan Rekapitulasi KPU Pusat pada 22 Mei nanti," runutnya. (banjarmasinpost.co.id /Lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved