Dunia Gawai

Inilah Lima Merek Besar Penguasa Pasar Smartphone Dunia di Kuartal Pertama 2019

Berdasarkan laporan lembaga riset IDC, penjualan ponsel pintar di kuartal pertama (Q1) 2019 turun 6,6 persen dibandingkan periode yang sama

Inilah Lima Merek Besar Penguasa Pasar Smartphone Dunia di Kuartal Pertama 2019
KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo
Ilustrasi e-SIM di iPhone XS, XS Max, dan XR yang dijual Erajaya Group di Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kondisi penjualan smartphone di dunia masih belum menunjukkan gairahnya. Berdasarkan laporan lembaga riset IDC, penjualan ponsel pintar di kuartal pertama (Q1) 2019 turun 6,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menurut laporan IDC, ada sebanyak 310.8 juta unit ponsel pintar yang dikirimkan pada Q1 tahun ini. Jumlah ini, menurun lebih dari 20 juta unit dari Q1 2018, di mana pada saat itu pasar ponsel di dunia berhasil mengapalkan sebanyak 332,7 juta unit smartphone.

Pada kuartal pertama 2019 ini, Samsung masih memimpin dengan jumlah pangsa pasar terbesar yakni sekitar 23.1 persen dari pasar smartphone global. Meski demikian, jumlah ini juga menurun sekitar 8.1 persen dari Q1 tahun 2018 lalu.

Dengan sebanyak 71,9 juta unit pengiriman smartphone, Samsung tetap menjadi yang terdepan. Samsung meraup hampir seperempat pasar, tetapi keuntungan triwulan perusahaan Korea ini turun 60 sebesar persen.

Baca: Tim Cook Sebut Apple Akan Berakhir, Penjualan Iphone Melorot 17 Persen, Ini Penyebab Utamanya

Baca: Gencatan Senjata Apple & Qualcomm, iPhone 5G Bakal Dipasangi Modem Samsung

Baca: OPPO Manjakan Penyuka Fotografi Mobile dengan Kamera Reno 10x Zoom

Akan tetapi penurunan Samsung tersebut disebabkan penjualan komponen chip yang melemah, sementara Galaxy S10 yang baru diperkenalkan awal tahun ini mendapat sambutan baik dari pasar.

Selain Samsung, Apple pun mengalami kondisi yang sama, bahkan bisa dikatakan lebih buruk. Jumlah penjualan iPhone di Q1 2019 turun 30,2 persen.

Apple hanya mencapai angka penjualan iPhone sebanyak 36,4 juta unit, berbeda cukup jauh dibandingkan dengan Q1 2018 di mana perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu berhasil menjual 52,2 juta unit iPhone dalam kurun waktu tiga bulan.

Dikutip KompasTekno dari TechSpot, Kamis (2/5/2019), kondisi berbeda justru terjadi pada vendor smartphone asal China, Huawei.

Meski tengah diserang oleh beragam isu keamanan dan privasi data oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei berhasil mencatatkan kinerja positif di Q1 2019.

Laporan kondisi pasar smartphone dunia di Q1 2019.
Laporan kondisi pasar smartphone dunia di Q1 2019. (IDC)

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved