Fikrah

Allah Senang Mendengar Doa Kita

Dengan doa, Allah SWT ingin agar ada ifiqar (rasa ketergantungan) hamba-Nya kepada-Nya dan hubungan tidak putus kendati sekejap mata (tharfata ‘ain).

Allah Senang Mendengar Doa Kita
Airul Syahrif
KH Husin Nafarin MA 

Oleh: KH Husin Naparin

BANJARMASINPOST.CO.ID - DI dunia, seorang beriman diperintahkan Allah SWT berdoa kepada-Nya, Dia menjanjikan (perkenan)-Nya, ud’uni astajib lakum (QS.2/186). Dia telah menentukan segala keperluan hamba-Nya.

Lewat doa, Dia ingin agar hamba-Nya dekat dengan-Nya, dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku (jawablah), Aku dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. (QS 2/186).

Dengan doa, Allah SWT ingin agar ada ifiqar (rasa ketergantungan) hamba-Nya kepada-Nya dan hubungan tidak putus kendati sekejap mata (tharfata ‘ain). Ya ayyuhannasu antumul-fuqara’ilallahi wallahu huwal-ganiyyul-hamid, Wahai manusia, kamulah yang memerlukan Allah, dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) Maha Terpuji. (QS.35/15).

Baca: KalselPedia - Daftar Objek Wisata di Kabupaten Tabalong, Dari Wisata Alam Hingga Religi

Baca: Hakikat Buruh

Baca: Ramadhan 1440, Siti Badriah Ketiban Job Sinden, Begini Perasaanya Gantikan Dewi Perssik

Manusia selalu memerlukan Allah, baik dalam gerak maupun diam; dan harus yakin Allah adalah Dzat yang Maha Kaya, satu-satunya, tiada syarikat bagi-Nya, Maha Terpuji serta ridha akan segala perbuatan, perkataan dan ketentuan-Nya. (At-Tafsir al-Muyassar).

Allah telah menentukan pada azal nasib seseorang, inna kulla sya’in khalaqnahu bi qadar. (QS. 54/49), yaitu setelah 120 hari umur janin dalam rahim seorang ibu; dikirim malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya dan menetapkan rezeki, ajal (umur), amal, bahagia atau celaka. (HR Bukhari-Muslim), berdoa tetap diperintahkan, karena doa adalah realisasi taat kepada Allah, penghias tubuh dan jiwa dengan ibadah.

Walaupun doa yang dipanjatkan tidak dipahami maknanya, namun Allah Maha Tahu akan kandungan doa yang dipanjatkan. Kepada kita diberi hak untuk meminta setelah menyembah-Nya, iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (QS 1/5).

Kita tidak mengetahui apa dan bagaimana masa depan kita, karenanya lewat doa kita disuruh minta taufik dan hidayah ke arah kebaikan dan terhindar dari segala keburukan, ihdinash-shirathal mustaqim, shirathalladzina an’amta alahim, ghairil-maghdhubi alaiahaim wa ladh-dhallin. (QS 1/6-7).

Segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah, bisa diubah-Nya jika dikendaki-Nya dan itu perkara mudah bagi-Nya, yamhullahu ma yasya’u wa yusbit wa ‘indahu ummul-kitab.(QS.13/39) Makhluk Allah yang sungguh-sungguh berdoa tetap diberi oleh-Nya walaupun maksiat, seperti iblis minta ditangguhkan azab sampai hari manusia dibangkitkan, iblis diberi tempo sampai kiamat. (QS 7/15-16).

Doa adalah aktivitas ibadah para Rasul dan Nabi. Nabi SAW segera berdoa bila ada sesuatu yang membuatnya gundah, idza hammahu amrun laja’a ilash-shalah. Allah SWT senang terhadap hamba-Nya yang berdoa. Jibril AS pernah berkata, ya Allah, itu hamba-Mu pulan sudah sekian lama berdoa, tetapi belum Engkau kabulkan. Allah menjawab, biarkan hamba-Ku berdoa kepada-Ku, Aku senang mendengar suaranya. (Syarh Hikam, hal. 9).

Doa adalah suatu yang mulia di sisi Allah SWT, Laitsa akrama alallahi illad-doa. Allah SWT marah kepada seseorang yang tidak mau berdoa (man lam yas’alillaha yagdhab alaihi).

Baca: Jelang Ramadan 1440 H: Ini 5 Tips Selama Puasa Menjaga Tubuh Agar Terhindar dari Dehidrasi

Nabi SAW bersabda, doa amat bermanfaat menghadapi musibah yang telah turun dan musibah yang akan turun, karenanya wahai para hamba Allah berdoalah, innad-doa’a yanfa’u mimma nazala wa mimma lam yanzil, fa ‘laikum ibadallahi bid-do’a. (HR Tir­midzi).

Imam Al Ghazali berkata, jika ada orang bertanya, apa manfaat doa, bukankah ketentuan Allah sudah merupakan suatu kemestian; jawab olehmu, adalah termasuk ketentuan Allah, dengan doa ditolaknya bencana, dihindarkan bala dan diraihnya rahmat Allah. (Al-Iqtida fidz-dzikri wa do’a, 97).

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved