Suara Pembaca

Apa Sajakah Syarat-syarat Perubahan Nopol di BPKB?

epada Yth. Kakorlantas Polda Kalsel. Terkait perubahan Nomor Polisi dan mutasi kendaraan akibat perubahan alamat pemilik, Saya ingin bertanya

Apa Sajakah Syarat-syarat Perubahan Nopol di BPKB?
kompas.com
Buku Pemilik Kendaraan Bermotot (BPKB) 

BANJARMASINPST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth. Kakorlantas Polda Kalsel. Terkait perubahan Nomor Polisi dan mutasi kendaraan akibat perubahan alamat pemilik, Saya ingin bertanya hal-hal sebagai berikut:

1. Apakah kwitansi pembelian merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi, mengingat perubahan nomor polisi dan mutasi kendaraan bukan akibat dari proses Jual Beli, melainkan karena peraturan Kakorlantas Polri dan perubahan Alamat pemilik, sehingga persyaratan tersebut menurut saya sangat tidak ada relevansinya.

2. Apakah proses perubahan BPKB terkait dengan perubahan Nomor Polisi serta mutasi kendaraan bisa dilaksanakan sekaligus, mengingat kedua hal tersebut dilaksanakan di tempat yang sama, yaitu di Mapolda Kalsel, dan untuk efisiensi waktu dan biaya, mengingat jarak yang cukup jauh dari kota Banjarmasin.

3. Bagaimana alur pengurusan perubahan nomor polisi di BPKB, setelah persyaratan di kantor Samsat kita penuhi, apakah langsung ke Polda atau Sat PJR terlebih dahulu untuk melengkapi buku induk BPKB. Demikian pertanyaan saya, atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih. 081349627428

TANGGAPAN:

TERIMA kasih atas pertanyaan saudara pada surat pembaca Banjarmasin post terkait perubahan Nomor Polisi dan mutasi kendaraan akibat perubahan alamat pemilik.

Menjawab pertanyaan pertama yang terkait kwitansi pembelian merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi dalam proses Jual Beli, untuk itu silakan saudara mengecek terlebih dahulu dokumen BPKB dan STNK saudara, apakah untuk nama pemiliknya sudah sama atau belum antara nama pemilik di BPKB dan STNK?

Bila sudah sama, nama pemilik di BPKB dan di STNK, silakan langsung ke loket 3 pelayanan BPKB untuk melakukan perubahan alamat, dengan persyaratan KTP, BPKB, STNK, CF (beserta fotokopi nya) tanpa kwitansi pembelian.

Namun, bila belum sesuai antara nama pemilik di BPKB dan di STNK, maka harus dilakukan proses Balik Nama BPKB terlebih dahulu dengan melampirkan kwitansi Pembelian bermaterai Rp 6.000,- dan melengkapi persyaratan balik nama (KTP, BPKB, STNK, Cek fisik kendaraan beserta fotokopinya).

Kemudian terkait dengan perubahan Nomor Polisi serta mutasi kendaraan bisa dilaksanakan sekaligus, mengingat kedua hal tersebut dilaksanakan di tempat yang sama? Proses perubahan BPKB terkait dengan perubahan Nomor Polisi serta mutasi kendaraan bisa dilaksanakan sekaligus, karena ketika proses mutasi kendaraan bermotor otomatis nomor polisi nya akan berubah.

Lantas, bagaimana alur pengurusan perubahan nomor polisi di BPKB? Alur pengurusan perubahan nomor polisi di BPKB dapat langsung dilakukan pengurusannya di kantor pelayanan BPKB dengan membawa persyaratan : KTP, BPKB , STNK, Cek fisik kendaraan (beserta fotokopinya).

Demikian tanggapan kami dan bila dirasa masih belum jelas bisa hubungi kami di call center BPKB di nomor telepon 085349581414. Terima kasih.

 KOMPOL HENRY NOVIKA CHANDRA SIK MH
Kasi STNK Dirlantas Polda Kalsel

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved