Perjuangan Penyelenggara Pemilu 2019

Kelelahan Gelar Pemilu, Pejuang Pemilu 2019 di Kalsel Berguguran

Di Kalsel, setidaknya tercatat sudah ada lima penyelenggara Pemilu yang menghembuskan nafas terakhir pasca Pemilu 17 April 2019 lalu.

Kelelahan Gelar Pemilu, Pejuang Pemilu 2019 di Kalsel Berguguran
Dari KPU Kalsel Untuk BPOST
Suasana di rumah duka Petugas KPPS M Rizaldi, Sabtu (27/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 menjadi suatu fenomena tersendiri karena dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Jauh dari kata mudah, banyak jenis Pemilihan yang dijadikan satu membuat banyak penyelenggara yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia karena diduga kelelahan laksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu 2019.

Termasuk di Kalsel, setidaknya tercatat sudah ada lima penyelenggara Pemilu yang menghembuskan nafas terakhir pasca Pemilu 17 April 2019 lalu.

Baca: Nasihat Parto Kala Andre Taulany Dituding Hina Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat

Baca: Kuota Tanbu Bertambah 16 Orang, Calhaj Daftar Tunggu Masih 6.454, 30 Tahun Baru Habis

Baca: PPDB SDN Dibuka untuk ABK, Dinas Pendidikan Banjarmasin Membuka 30 Unit Sekolah Inklusi

Sedangkan sementara ada lima puluh tujuh petugas KPPS lainnya sakit dan ada yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Diketahui para petugas Penyelenggara Pemilu di Lapangan termasuk di TPS banyak yang masih melaksanakan tugas hingga tengah malam bahkan dini hari untuk menyelesaikan tugasnya menghitung dan merekapitulasi suara di TPS masing-masing.

Padahal sejak pagi hari, mereka sudah bertugas menyelenggarakan pemungutan suara di TPS hingga pukul 13.00 WITA dan langsung dilanjutkan proses rekapitulasi di TPS.

Belakangan, Pemerintah melalui Kementrian Keuangan bersama KPU direncanakan akan memberikan santunan kepada para penyelenggara Pemilu 2019 yang tertimpa musibah. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved