Ramadan 2019

Puasa Ramadhan Tiba, Siap-siap Pengeluaran Membengkak! Mau Berhemat? Begini Caranya

Banyak orang berpendapat jumlah pengeluaran dapat diminimalisir selama bulan puasa karena jumlah makanan yang dikonsumsi

Puasa Ramadhan Tiba, Siap-siap Pengeluaran Membengkak! Mau Berhemat? Begini Caranya
ogichobanov
Ilustrasi puasa 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak orang berpendapat jumlah pengeluaran dapat diminimalisir selama bulan puasa karena jumlah makanan yang dikonsumsi tidak sebanyak hari-hari biasanya. Tapi nyatanya, pengeluaran selama momen Ramadan seringkali melonjak akibat pengelolaan uang yang tidak tertib.

Akibatnya, persiapan menjelang lebaran menjadi terganggu, menu buka puasa yang tadinya bergizi pun berubah menjadi menu ala kadarnya, yang penting bisa tetap makan. Jika kebiasaan mengelola uang tidak sehat tidak segera diubah, ketidakstabilan finansial akan terus berlanjut pasca lebaran nanti.

Mau terus-menerus menderita seperti ini? Sebaiknya lakukan cara menghemat anggaran selama bulan puasa berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca: Bacaan Doa di 10 Hari Ramadhan Jelang Penentuan Awal Puasa Ramadhan 1440 H/2019

Baca: Bacaan Niat Puasa Doa Buka Puasa Hingga Sholat Tarawih Jelang Ramadhan 1440 H/2019

Baca: Live Streaming Sidang Isbat & Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1440 H/2019 di TV One & Kompas TV INews

1. Membuat Daftar Menu Makanan secara Periodik

Pertama, Anda bisa membuat daftar menu makanan yang akan dikonsumsi secara periodik, baik itu menu sahur maupun menu berbuka. Daftar ini akan mempermudah Anda saat berbelanja kebutuhan selama puasa. Selain itu, Anda juga bisa mengestimasi jumlah pengeluaran dalam rangka menghemat.

2. Memasak Menu Sahur dan Berbuka Sendiri di Rumah

Meski warung atau restoran di dekat tempat tinggal Anda punya menu andalan yang sayang jika dilewatkan, jatuhnya pasti jadi lebih boros kalau terlalu sering makan di luar. Sebaiknya masaklah menu sahur dan menu berbuka sendiri di rumah, apalagi jika Anda pintar memasak.

Anda bisa berkreasi membuat makanan unik yang pastinya enak dan memiliki kandungan gizi seimbang demi kebaikan tubuh.

3. Beli Bahan Makanan Selama Bulan Puasa di Grosir

Tidak dapat dimungkiri, harga makanan di grosir jauh lebih murah dibandingkan harga makanan di supermarket. Jika Anda punya waktu luang, kunjungi grosir di sekitar tempat tinggal dan beli bahan makanan yang dibutuhkan selama jangka waktu tertentu.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved