Berita Kecantikan

Waspada! Jangan Sebarangan Lakukan Perawatan 'Facial Vampir', 2 Orang di Kota Ini Tertular HIV

Berhati-hatilah dengan penggunaan jarum tidak higienis di salon atau pun klinik. Dua orang dilaporkan terinfeksi HIV setelah menjalani facial vampir

Waspada! Jangan Sebarangan Lakukan Perawatan 'Facial Vampir', 2 Orang di Kota Ini Tertular HIV
Medical Daily
Kim Kardashian lakukan perawatan Vampire Facial. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berhati-hatilah dengan penggunaan jarum tidak higienis di salon atau pun klinik. Dua orang dilaporkan terinfeksi HIV setelah menjalani facial vampir di sebuah klinik kecantikan.

Klinik spa di Kota Albuquergue, New Mexico, AS, tersebut kini telah ditutup oleh polisi sejak September 2018.

Pihak berwenang juga memanggil semua pasien yang pernah melakukan facial tersebut antara bulan Mei - September 2018 untuk melakukan cek darah pemeriksaan penyakit HIV, hepatitis B dan C.

Pemberitahuan untuk segera melakukan tes tersebut dilakukan polisi setelah dipastikan satu orang pasien ternyata positif HIV.

Hasil investigasi kepolisian juga menemukan klinik tersebut menggunakan jarum suntik tidak aman. Meski begitu sebelumnya pemilik klinik mengklaim selalu memakai jarum suntik sekali pakai.

Baca: Wanita Ini Bisa Raup Omzet hingga Rp 100 Juta, Cuma Jual Sedotan Bambu, Segini Harga Per Unit

Baca: Penjualan Skuter Listrik Gesits Sudah Tembus 1.200 Unit, Segini Harga yang Ditawarkan

Facial vampir merupakan prosedur perawatan wajah yang sedang tren beberapa tahun terakhir ini. Terlebih setelah selebriti seperti Kim Kardashian mempromosikannya di akun Instagramnya.

Facial vampir atau disebut juga sebagai platelet-rich-plasma (PRP) memang membutuhkan sampel darah. Perawat atau terapis akan mengambil contoh darah lalu mengekstraknya menjadi plasma (cairan yang terdiri dari platelet, faktor pertumbuhan, dan nutrisi) kemudian menyuntikkannya kembali ke wajah dengan suntikan.

Terapi itu diklaim mampu merangsang pertumbuhan kolagen dan membuat kulit terlihat mulus dan sehat.

Di Indonesia, terapi PRP juga dengan mudah ditemui di klinik-klinik kecantikan. Oleh karena itu, selalu pastikan kebersihan alat-alat yang dipakai dan sebaiknya dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved