Berita Kalteng

Gubernur Sugianto Paparan Kesiapan Kalteng Jadi Ibu Kota NKRI di Jakarta, Ini 4 Kelebihan Kalteng

Sejumlah Gubernur di Kalimantan diantaranya Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor , Gubernur Sulawesi Barat

Gubernur Sugianto Paparan Kesiapan Kalteng Jadi Ibu Kota NKRI di Jakarta, Ini 4 Kelebihan Kalteng
Tim Percepatan Pembangunan Kalteng
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan tiga gibernur lainnya sesaat setelah memaparkan tentang kesiapan untuk pemindahan ibu kota pemerintahan ke luar jawa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rapat terbatas belum lama ini, yang memutuskan Ibu Kota Pemerintah Indonesia dipindahkan ke luar Jawa mulai ditindaklanjuti.

Sejumlah Gubernur di Kalimantan diantaranya Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor , Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM), dan Gubernur Kaltim, Isran Noor yang diundang Bappenas dalam rangka pembahasan pengusulan pemindahan ibu kota negara, Senin (6/5/2019).

Empat orang gubernur ini diundang oleh Kantor Staf Presiden (KSP) dalam diskusi Media di Istana membicarakan soal rencana pemindahan Ibu Kota NKRI yang telah diputuskan Presiden akan ditempatkan di luar Jakarta, sehingga ada beberapa gubernur yang dimintai kesiapannya.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa point hal yang disampaikan Gubernur Sugianto, adalah sebagai berikut, Palangkaraya adalah cita-cita Soekarno untuk masadepan Ibukota Pemerintahan NKRI, sejak awal peletakkan batu pertama pendirian Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng.

Baca: Nikita Mirzani Minta Nikahi Vicky Nitinegoro Usai Lahirkan Anak Dipo Latief, Ruben Onsu : Calon Bini

Baca: 2 Doa Buka Puasa Ramadhan Menurut Ustadz Abdul Somad, Sambut Ramadhan 1440 H/2019

Baca: PAN Klaim Suara Terbanyak Pileg 2019 Tingkat Kota Banjarmasin

Dari sisi geopolitik pertahanan nasional, daerah Kota Palangkaraya terletak di tengah Indonesia, yang tetunya sangat strategis dari segi keamanan dari agresi militer negara asing, selain itu juga Palangkaraya bebas dari kerawanwanan bencana, atau aman juga dari perbatasan negara.

Sesuai dengan arahan Presiden tahun 2016 lalu,, Gubernur Sugianto, menyatakan, pihaknya telah siap dan sudah mencadangkan lahan berkisar antara 300 ribu -500 ribu hektare pada tiga lokasi untuk penempatan pembanguman perkantoran untuk sejumlah kementerian.

Daya Tarik Kalimantan Tengah layak menjadi alternatif lokasi Ibukota Pemerintahan yang Baru. Hal ini sesuai dengan hasil kajian Bappenas : 1) Tersedianya Lokasi Luas , 2).Potensi Ekonomi Besar, 3). Secara Geografis dan Strategis, 4). InsyaAllah Bebas dan Aman dari Bencana Gempa Bumi.

(banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved