Pemilu 2019

PAN Klaim Suara Terbanyak Pileg 2019 Tingkat Kota Banjarmasin

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai politik (Parpol) peserta politik paling sukses dengan raih suara terbanyak pada Pemilu 2019

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai politik (Parpol) peserta politik paling sukses dengan raih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin.

Dengan meraih total sebanyak 59.984 suara, melalui perhitungan sementara artinya PAN berpeluang besar dapatkan sembilan kursi di DPRD Kota Banjarmasin Periode 2019-2024.

Hal ini dibenarkan Bendahara DPD PAN Kota Banjarmasin, Ismina Mawarni berdasarkan perbandingan data rekapitulasi internal PAN dan hasil Pleno Rekapitulasi Suara KPU Kota Banjarmasin yang dinilainya tak ada perbedaan.

Jumlah raihan suara PAN di Kota Banjarmasin ini menurut Ismina meningkat sangat besar dibanding pada Pemilu 2014 lalu yang hanya dikisaran angka 21 ribu suara.

"Perolehan suara kami di Pemilu 2019 ini sangat membanggakan. Ini tak lepas dari peran semua Caleg kami yang aktif lakukan sosialisasi door to door selama masa kampanye yang merata di dapilnya masing-masing," kata Ismina.

Baca: 2 Doa Buka Puasa Ramadhan Menurut Ustadz Abdul Somad, Sambut Ramadhan 1440 H/2019

Baca: Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1440 H Hari Ke-1, Senin (6/5) Jakarta, Surabaya, Bandung & Kota Lainnya

Baca: Segelas Susu Saat Sahur, Rasakan Manfaatnya Selama Berpuasa Seharian

Baca: 4 Ibadah Perempuan Haid di Bulan Puasa, Cocok Diamalkan pada Ramadhan 2019/1440 H

Baca: Cara Istri SBY, Ani Yudhoyono Bangunkan Sahur Dikenang Aliya Rajasa Saat AHY Posting Ini

Dengan hasil ini, artinya PAN menggeser dominasi Partai Golkar yang sebelumnya menjadi Pemenang Pemilu Legislatif di tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2014 lalu.

Tak hanya sebagai peraih total suara terbanyak di Pemilihan Anggota DPRD Kota Banjarmasin, namun PAN juga mendominasi dengan raih suara tertinggi di kelima Kecamatan di Kota Banjarmasin.

Dimana tertinggi di Kecamatan Banjarmasin Selatan sebanyak 18.300 suara diikuti raihan suara di Kecamatan Banjarmasin Utara 13.684 suara, di Kecamatan Banjarmasin Barat 10.265 suara, Kecamatan Banjarmasin Tengah 9.230 suara dan di Kecamatan Banjarmasin Timur 8.505 suara.

Dari hasil perhitungan DPD PAN Kota Banjarmasin, dari angka tersebut, maka Kecamatan Banjarmasin Selatan menjadi penyumbang kursi terbanyak PAN di DPRD Kota Banjarmasin yaitu tiga kursi, Banjarmasin Utara da Banjarmasin Barat masing-masing dua kursi, serta Banjarmasin Timur dan Tengah masing-masing satu kursi.

Jika hasil rapat ini nantinya sudah ditetapkan secara resmi dan tak mendapatkan gugatan apapun dan diumumkan sebagai hasil keputusan Pemilu oleh KPU RI pada 22 Mei 2019 mendatang, dipastikan pucuk Pimpinan DPRD Kota Banjarmasin akan diduduki kader PAN untuk Periode 2019-2024.

Ditambahkan Ismina, Caleg kader PAN yang merah suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin yaitu H M Faisal dengan total raihan suara sebanyak 6.285 suara dari Pemilih.

Sedangkan Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur, himbau para peserta Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin untuk tetap mendasarkan penilaiannya pada hasil resmi Keputusan Pemilu.

"Karena ini bukan merupakan keputusan Pemilu tapi masih hasil rekapitulasi suara dan masih ada tahapan rekapitulasi di Provinsi juga jadi keputusannya nanti," kata Gusti Makmur.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved