Ekonomi dan Bisnis

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,07 Persen di Kuartal I 2019 Yoy, IHSG Terkoreksi 63 Poin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup terkoreksi 63 poin atau melemah 1 persen pada level 6.256, pada perdagangan sesi II, Senin (6/5/2019).

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,07 Persen di Kuartal I 2019 Yoy, IHSG Terkoreksi 63 Poin
Foto (IDX Channel)
IHSG bertahan di teritori positif setelah alami Net Buy Asing seminggu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup terkoreksi 63 poin atau melemah 1 persen pada level 6.256, pada perdagangan sesi II, Senin (6/5/2019).

Senior Equity Brokerage MNC Sekuritas Banjarmasin, Herry Wachiedin menjelaskan, salah satu faktor pendorong melemahnya IHSG yakni data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dirilis Bank Indonesia beberapa waktu lalu.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2019 yang hanya tumbuh 5,07 persen yoy lebih rendah dibandingkan dengan konsensus market di kuartal IV 2018 yang mencapai 5,18 persen," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Selain itu, ditambahkannya, melemahnya IHSG dipicu oleh sentimen negatif yaitu, kekhawatiran investor terkait pernyataan Donald Trump yang berencana menaikkan tarif barang-barang impor China dari level 10 persen menjadi 25 persen.

"Pelaku pasar mewaspadai perkembangan dari perundingan dagang AS-China selanjutnya. Presiden Donald Trump mengatakan Tiongkok mencoba melakukan re-negosiasi ulang atas kesepakatan perundingan yang telah dilakukan sebelumnya, bahkan mengancam akan menaikan tarif kembali," imbuhnya.

Baca: Beda Luna Maya & Istri Reino Barack Syahrini Hari Pertama Ramadhan 1440 H/2019, Pesan Mendalam Luna

Baca: Jadwal Siaran Langsung RCTI Leg 2 Semifinal Liga Champion Liverpool vs Barca, Ajax vs Tottenham

Baca: Presiden Jokowi Rahasiakan 3 Daerah yang Sudah Siapkan Lahan untuk Ibu Kota Baru, Pulau Kalimantan?

Sektor industri dasar dan keuangan yang masing-masing berkurang 16 poin atau sebesar 2,05 persen dan 25 poin atau sebesar 1,96 persen menjadi penyumbang terbesar bagi pelemahan IHSG.

Investor asing cenderung melakukan penjualan melihat kondisi yang tak menentu baik dari dalam maupun global, asing tercatat melakukan jual bersih (net sell) hingga mencapai Rp 733 miliar di pasar reguler

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap Us Dollar diperdagangkan melemah 32 poin atau sebesar 0,22 persen di level Rp 14.297. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved