Mereka Bicara

Petugas PLN Memutus Aliran Listrik Tanpa Pemberitahuan karena Menunggak 2 Bulan

Apakah langsung diputus tanpa pemberitahuan? Bahkan dengan cara melompati pagar rumah oleh petugas yang tidak berseragam.

Petugas PLN Memutus Aliran Listrik Tanpa Pemberitahuan karena Menunggak 2 Bulan
Istimewa
meteran listrik 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth. Pimpinan PLN Banjarmasin. Kami ingin menanyakan prosedur pemutusan aliran listrik, karena menunggak selama 2 bulan. Apakah langsung diputus tanpa pemberitahuan? Bahkan dengan cara melompati pagar rumah oleh petugas yang tidak berseragam.

Padahal kami hanya keluar sebentar, apakah tidak bisa menunggu setelah kami datang dan bicara baik-baik dengan pelanggan? Semoga ke depan pelayanan PLN kepada pelanggan lebih baik lagi. Terima kasih.
082158732207

TANGGAPAN:
PELANGGAN yang kami hormati, terima kasih atas informasi pengaduan yang sudah disampaikan. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak/Ibu.

Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa, prosedur pemutusan aliran energi listrik dilakukan oleh PT PLN (Persero) berdasarkan pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 yang mengatur tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik.

Pada pasal 13, disebutkan bahwa konsumen dengan tarif tenaga listrik reguler diwajibkan untuk membayar tagihan rekening listrik sesuai masa pembayaran yang ditetapkan oleh perusahaan, yakni selambatnya tanggal 20 setiap bulannya.

Apabila melebihi tanggal yang telah ditetapkan tersebut, maka dalam hal ini, PLN berhak untuk melakukan pemutusan sementara penyaluran energi listrik milik pelanggan. Selanjutnya apabila 60 hari setelah pemutusan sementara pelunasan belum dilakukan oleh pelanggan, maka PLN dapat melakukan Bongkar Rampung Alat Pembatas dan Pengukur (APP) atau kWh meter milik pelanggan.

Penyambungan dapat kembali dilakukan setelah pelanggan melakukan pembayaran dan lunas secara sistem.

Apabila dalam proses tersebut terdapat hal yang membuat Bapak/Ibu tidak berkenan, kami berharap kesediaannya untuk melaporkan hal tersebut melalui Contact Center PLN melalui telpon di 123 atau melalui handphone di nomor 0511-123. Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Muhammad Yusfiansyah Deputi Manajer Bidang Hukum dan Humas PT PLN Kalselteng
 (dok/banjarmasinpost)

MUHAMMAD YUSFIANSYAH
Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved