Berita Kalteng

Presiden Jokowi Terkesan Angka Tujuh Belas Saat di Tugu Soekarno Palangkaraya

Jokowi menyempatkan diri datang peletakkan batu pertama tiang pancang Tugu Soekarno yang merupakan tugu Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng.

Presiden Jokowi Terkesan Angka Tujuh Belas Saat di Tugu Soekarno Palangkaraya
Tribun Kalteng/Fathurahman
Presiden Joko Widodo dan rombongan ketika mengunjungi Tugu Soekarno di Palangkaraya, Rabu (8/5/2019) 

BANJARMASIN POST.CO.ID, PALANGKARAYA - Presiden Joko Widodo, bersama rombongan, hingga, Rabu (8/5/2019) masih berada di Palangkaraya , Kalimantan Tengah setelah sehari sebelumnya, Selasa (7/5/2019) melakukan kunjungan ke Kaltim, provinsi selain Kalteng yang diwacanakan sebagai calon ibu kota negara menggantikan, Jakarta.

Kunjungan hari kedua di Palangkaraya, Presiden bersama rombongan sebelum melakukan pemantauan ke lokasi yang akan dijadikan sebagai perkantoran Pemerintah NKRI tersebut, Jokowi menyempatkan diri datang peletakkan batu pertama tiang pancang Tugu Soekarno yang merupakan tugu Palangkaraya dijadikan sebagai Ibu Kota Kalteng.

Jokowi datang ke lokasi tersebut didampingi Gubernur Sugianto Sabran dan Kadis Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan, yang menjelaskan tentang sejarah pembangunan tugu tersebut hingga pembangunan Kota Palangkaraya, yang juga diwacanakan Presiden Soekarno cikal- bakal Ibu Kota Pemerintahan NKRI saat ini.

"Beliau sangat mengapresiasi ketika diceritakan, terkait pendirian Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng 62 tahun lalu, dan peletakan batu pertama tugu Soekarno, tersebut. Presiden terkesan dengan angka 17 Juli 1957 saat peletakan batu pertama pembangunan kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng," ujarnya.

Baca: SESAAT LAGI Waktu Berbuka! Jadwal Buka Puasa Hari Ini 3 Ramadhan 1440 H/8 Mei 2019 Jakarta & 33 Kota

Susunan kayu Ulin pada tugu Soekarno berjumlah 17 , dan peresmian tugu juga tanggal 17, Hari Kemerdekaan RI juga tanggal 17 Agustus 1945, sehingga saat di tugu beliau mengaku sangat terkesan dengan angka 17 tersebut, bahkan plat mobil beliau juga angka 17.

"Angka 17 tersebut seperti punya makna tersendiri bagi Bapak Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Presiden Jokowi dan rombongan ketika mengunjungi Tugu Soekarno di Palangkaraya, Rabu (8/5/2019)
Presiden Jokowi dan rombongan ketika mengunjungi Tugu Soekarno di Palangkaraya, Rabu (8/5/2019) (Tribun Kalteng/Fathurahman)

Sementara itu, Tokoh Dayak Kaharingan Kalteng, Lewis KDR, yang hadir bersama Presiden di Tugu Soekarno, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi jika nantinya, Ibu Kota Pemerintahan RI, benar-benar ditetapkan di Kalteng.

"Kami telah lama menantikan ini, memang saat peletakkan batu pertama tugu oleh Presiden Soekarno, Kota Palangkaraya inilah yang diwacanakan sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI, apalagi saat ini Jakarta padat sudah selayaknya dipindahkan ke Palangkaraya," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id /Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved