Ramadan 1440 H

Seharian Berpuasa Ramadhan, Ini 3 Buah Pilihan Terbaik Menu Berbuka

Banyak manfaat yang diberikan buah, selain tentunya menyegarkan untuk tenggorokan buah juga kaya manfaat untuk tubuh

Seharian Berpuasa Ramadhan, Ini 3 Buah Pilihan Terbaik Menu Berbuka
banjarmasinpost.co.id/m maulana
Buah-buahan segar seperti semangka, apel dan anggur sangat dianjurkan untuk menu berbuka puasa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kerja fungsi tubuh kita tidak lepas dari Enzim. Selama berpuasa Ramadan 1440 H, Enzim ini pun berkurang seiring dengan lamanya waktu berpuasa.

Begitu pula, Lapisan yang melindungi perut selama berpuasa ramadan juga akan berkurang seiring dengan lamanya waktu berpuasa. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan yang cenderung bersifat mengiritasi perut, maka resikonya anda mengalami masalah pencernaan.

Maka dari itu saat berbuka setelah seharian berpuasa ramadhan, ketika pertama kali berbuka pilihlah makanan yang paling mudah dicerna. Salah satunya adalah buah.

Baca: Pemindahan Ibu Kota ke Luar Jawa, Presiden Jokowi Sebut Gunung Mas Kalteng Paling Siap

Baca: Mulan Jameela Jadi Sorotan Saat Hadiri Persidangan Ahmad Dhani di PN Surabaya, Didatangi Polwan

Baca: Kejutan Awal Ramadhan 2019 di Kalsel, Harga Bawang Putih Sempat Tembus Rp 80 Ribu Per Kg

Banyak manfaat yang diberikan buah, selain tentunya menyegarkan untuk tenggorokan buah juga kaya manfaat untuk tubuh setelah seharian menahan lapar dan haus, buah apa saja yang sangat dianjurkan itu, dikutip dari Kompas.com berikut tiga jenis buah tersebut :

1. Semangka

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan airnya yang banyak. Namun, semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Karena kandungan airnya, buah ini cocok untuk digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Apalagi, saat puasa tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi karena asupan air yang berkurang selama beraktivitas.

Buah semangka segar
Buah semangka segar (banjarmasinpost.co.id/umi sriwahyuni)

Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92 persen sehingga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Semangka juga termasuk jenis buah yang mudah dicerna.

Selain sebagai sumber air dan elektrolit, semangka juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit. Warna merah pada semangka menunjukkan bahwa semangka mengandung banyak likopen, suatu senyawa yang dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker prostat.

Kandungan kolin yang terdapat dalam semangka dapat membantu mencegah inflamasi yang dapat terjadi di dalam tubuh dengan cara menjaga struktur membran sel Anda. Dan jangan lupa kandungan antioksidan, vitamin A, serta vitamin C pada semangka yang dapat membantu regenerasi sel pada kulit dan menyehatkan rambut.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved