BPost Cetak

Lion Tambah Penerbangan, Nam Air Buka Rute ke Solo

Mengantisipasi membeludaknya pemudik Lebaran, Ditlantas Polda Kalsel melakukan koordinasi dengan pengelola Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru

Lion Tambah Penerbangan, Nam Air Buka Rute ke Solo
Banjarmasinpost
Banjarmasinpost Edisi Jumat (10/5/2019) 

BANJARBARU, BPOST - Mengantisipasi membeludaknya pemudik Lebaran, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalsel melakukan koordinasi dengan pengelola Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kamis (9/5). Rombongan Dirlantas Kombes Muji Ediyanto yang didampingi Kasatlantas Polres Banjarbaru AKP Gustaf Adolf disambut Manajer Operasional Bandara Syamsudin Noor Rully Artha. Mereka selanjutnya melakukan peninjauan areal parkir dan kawasan sekitar bandara.

Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, Rully mengatakan pihaknya akan mendirikan Posko Mudik Lebaran di bandara. “Kami berikan layanan senyaman mungkin kepada pemudik,” ujarnya.

Sementara ini jumlah penumpang masih statis. Bahkan sejak Desember 2018 terjadi penurunan.

“Tapi melihat posisi Idulfitri berada di masa anak sekolah liburan, diprediksi dalam bulan ini akan terjadi kenaikan. Sebab sudah terlihat ada penumpang yang mudik,” kata Rully.

Baca: Mengawal si Putih

Baca: Areal Pakir Pasar Ahad Rusak

Baca: Tertibkan Bangunan Liar di Pinggir Jalan

Bahkan membandingkan dengan Lebaran tahun lalu, Rully memprediksi ada peningkatan jumlah penumpang sekitar dua persen. Ini juga telah diprediksi salah satu maskapai penerbangan yakni Lion Air. Maskapai ini pun memberitahu pengelola bandara mengenai adanya penambahan penerbangan.

“Lion Air akan sediakan extraflight untuk tiga tujuan yakni Surabaya, Semarang dan Yogyakarta,” kata Rully.

Dalam rilisnya, kemarin, Lion Air Group berencana menambah 20.150 kursi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Lebaran. Lion Air bersiap menyediakan 62 penerbangan tambahan dengan 11.718 kursi, Batik Air 35 penerbangan tambahan dengan 5.840 kursi dan Wings Air 36 penerbangan tambahan dengan 2.592 kursi.

“Penerbangan tambahan efektif berlangsung pada 29 Mei -20 Juli 2019. Periode tersebut dinilai sebagai musim puncak arus mudik dan balik,” kata Humas Lion Air, Danang Mandala.

Dalam menentukan kota tujuan, Lion Air Group mempertimbangkan permintaan, frekuensi terbang serta jam operasional bandara.

Baca: Ramadhan 1440 H, Enda Ungu dan Putrinya, Zara Leola Rilis Lagu Religi, Lagi-lagi Terkendala Bahasa

Baca: KalselPedia : Nama Kecamatan dan Batas Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara

Kendati belum dikonfirmasi mengenai penerbangan ekstra, beberapa waktu lalu, Sales Service & Manager Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin Prasetyo Putro Santoso mengatakan telah melakukan sinergi dengan sejumlah maskapai yang berada di bawah kontrol Garuda Indonesia yakni Sriwijaya Air, Citilink dan Nam Air.

Bahkan pada 26 Mei mendatang atau kurang dari dua pekan sebelum Idulfitri, Nam Air membuka rute baru yakni Banjarmasin-Solo.

Sementara itu Kombes Muji mengatakan sengaja melakukan koordinasi, pengecekan dan persiapan sedini mungkin untuk memberi kenyamanan kepada pemudik yang melalui bandara.

“Diperkirakan penumpang mengalami peningkatan pada H-3 Lebaran. Oleh karena itu kami gelar pasukan pada H-7,” ujarnya.

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved