Ramadhan 1440 H

Bagaimana Puasa Sehatkan Raga, Ini yang Diungkapan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dipaparkan Dr HM Rudiansyah MKes SpPD-KGH Finasim, Ketua IDI Kalsel, ada kiat puasa dari Rasulullah yang juga sudah sering kita dengar.

Bagaimana Puasa Sehatkan Raga, Ini yang Diungkapan Dokter Spesialis Penyakit Dalam
istimewa
Dr HM Rudiansyah MKes SpPD-KGH Finasim, Ketua IDI Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Puasa dalam Islam banyak ragamnya, ada yang wajib dan sunah. Puasa wajib adalah saat bulan Ramadhan dan ini dijalankan baik orang muda, dewasa dan tua.

Dipaparkan Dr HM Rudiansyah MKes SpPD-KGH Finasim, Ketua IDI Kalsel, ada kiat puasa dari Rasulullah yang juga sudah sering kita dengar.

"Yaitu pertama mantapkan niat, kemudian bersahur menjelang Imsyak, dan segerakan berbuka minimal dengan satu biji kurma," terangnya.

Ketika berbuka, diingatkannya jangan minum es apalagi yang terlalu dingin, sebab minuman dingin dapat menyempitkan pembuluh darah.

"Saat makan, porsinya jangan terlalu banyak. Makanlah dengan porsi secukupnya saja," sarannya.

Baca: BP SPAM Usulkan Peningkatan Kapasitas, Begini Penjelasannya

Baca: Di Sela Safari Ramadan, Bupati HSS Bagikan Sembako untuk Lansia dan Disabilitas

Baca: Warga Berkerumun di Jembatan Yapahud, Ternyata Ada Bocah Ditemukan Tewas Tenggelam

Urusan makan bisa juga selesai tarawih saja. Jadi saat berbuka makan kue-kue, usai tarawih barulah makan nasi dan lauk pauk.

"Jadi sebenarnya jadwal makan kita tetap tiga kali, yakni makan Sahur, makan berbuka, dan makan malam selesai tarawih," jelasnya.

Perlu diingat pula untuk melakukan olahraga. Kalau melakukan olahraga ringan maka waktunya pagi hati. Sedangkan jika melakukan olahraga berat maka waktunya sore.

Baca: SEBENTAR LAGI Waktu Berbuka! Jadwal Buka Puasa 7 Ramadhan, Minggu 12 Mei 2019 Jakarta & Lainnya

Baca: Sophia Latjuba Suapi Anak Gading Marten & Gisella Anastasia Disorot, Ini Pengakuan Eks Ariel NOAH

Olahraga juga harus disesuaikan pula dengan riwayat penyakit. Jangan sampai melakukan olahraga yang malah membuat kambuh penyakit.

Bagaimana puasanya orang yang sakit? Silakan puasa tapi harus didahului konsultasi dengan dokter. Misal penderita diabetes, cek dulu gula darah sebelum dan sesudah puasa.

"Puasa itu juga proses detoksifikasi. Puasa dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, juga Kadar kortisol yang mengatur gula dan tekanan darah," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved