Berita Kalteng

Balapan Liar Makin Meresahkan , Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi di Kota Cantik Palangkaraya

Aksi balapan liar di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah makin meresahkan selama bulan Ramadan, ini, sehingga banyak pengendara

Balapan Liar Makin Meresahkan , Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi di Kota Cantik Palangkaraya
Polres Palangkaraya
Polisi Palangkaraya saat mengamankan sejumlah kendaraan yang diduga dipakai untuk aksi balapan liar,Sabtu (11/5/2019) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Aksi balapan liar di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah makin meresahkan selama bulan Ramadan, ini, sehingga banyak pengendara yang mengeluhkannya, karena aksi pembalap liar ini kerap membuat pengendara umum ketakutan saat berkendaraan di jalan umum

Aksi balapan liar ini tampak berlangsung pada malam hari di beberapa titik seperti di jalan Murjani di kawasan jalan menuju Bandara Tjilik Riwut maupun di sekitar Jalan Yos Sudarso Palangkaraya Kalimantan Tengah yang selama ini menjadi tempat para pembalap liar beraksi.

Pembalap liar ini kebanyakan adalah anak-anak muda yang diberikan fasilitas oleh orang tuanya, namun dalam penggunaanya dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya, yang sangat mengganggu kepentingan umum di jalan raya.

Banyaknya keluhan dari pengendara ditindaklanjuti Polda Kalteng dan Polres Palangkaraya dengan menggelar razia, Sabtu (11/5/3019) dini hari hingga, Minggu (12/5/2019) malam dengan menggelar razia gabungan membubarkan balapan liar di sejumlah titik tersebut.

Baca: Anak Jalanan dan Pengemis Diamankan Satpol PP Banjarmasin, Malah Ada yang Bawa Anak Kecil

Baca: Ibu Tua Renta Ini Menangis Didatangi Polisi, Terungkap Apa yang Dilakukan Bripda Hendri

Baca: Tajir, Punya Rumah Mewah & Kolam Renang, Mulan Jameela Tak Malu Masak Sahur Saat Ahmad Dhani di Sel

Kapolres Palangkaraya, AKBP Timbul RK Siregar, mengatakan, pihaknya menggelar razia gabungan dalam antisipasi balapan liar tersebut, yang dilakukan, Sabtu Tanggal 12 Mei 2019 pukul .22.00 wib hingga 05.00 wib di halaman pos lantas bundaran besar Palangkaraya dilaksanakan apel kesiapan 21 Balapan Liar.

Menurut Kapolres, Pihaknya, melakukan pembubaran balapan liar di Jalan Murjani , gabungan bersama anggota lantas, polsek pahandut, dam tim crt polda dan crt polres, untuk balapan liar tersebut, sehingga pembalap yang berhasil ditangkap sepeda motornya diamankan di pos lantas bundaran besar."Ada sebanyak 25 Kendaraan bermotor yang diamankan," ujarnya. banjarmasinpost.co.id/Faturahman

Ganggu Ketenangan Warga

BEBERAPA warga yang tinggal di Jalan Diponegoro sekitar perumahan Dahlia, Palangkaraya , mengaku terganggu ketika banyak pembalap liar yang ada di kawasan tersebut pada malam hari melakukan aksi balapan liar.

"Sering mengganggu, karena mereka trek-trekan di jalan perumahan yang pada malam hari yang memang sepi namun suara sepeda motor mereka bikin bising, kami tidak bisa tidur, biasanya anak-anak itu bergerombol melakukan aksinya, sering ditegur tapi kerap tak di gubris," ujar Sidik, salah satu warga setempat.

Namun, aksi balapan liar tersebut belakangan memang mulai berkurang, lantaran petugas juga semakin gencar melakukan penertiban. Razia Balapan liar dilakukan, karena Balapan Liar dapat membahayakan pengendara maupun orang lain.

Kegiatan balapan liar bersifat illegal dan dilakukan di tempat umum juga tanpa pengamanan yang semestinya. "Juga dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar dalam beristirahat dikarenakan rata" kendaraan yang dipakai menggunakan Knalpot Racing," ujar Kapolres Palangkaraya,AKBP Timbul RK Siregar.

Lebih parah lagi, kegiatan balapan liar tersebut dapat memicu prilaku kejahatan lainnya seperti Perkelahian, Tauran, maupun Pencurian hingga melakukan tindakan kejahatan lainnya yang mengancam keselamatan warga atau pengendara."Makannya kami tertibkan," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved