Ramadhan 1440 H

Begini Tips Hindarkan Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan

Kekurangan cairan disaat puasa Ramadhan 1440 H terlebih dalam kondisi cuaca panas sekarang tidak hanya membuat rasa haus di tenggorokan

Begini Tips Hindarkan Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kekurangan cairan disaat puasa Ramadhan 1440 H terlebih dalam kondisi cuaca panas sekarang tidak hanya membuat rasa haus di tenggorokan dan badan pun terasa lemas. Tetapi, bisa berimbas terhadap kulit menjadi kering.

Wajar mengingat tubuh kita kekurangan cairan, mengingat saat berpuasa kita tak boleh makan atau minum lebih dari 12 jam.

Kulit kering tentu saja dapat mengurangi kecantikan. Garis-garis dan kerutan pada kulit akan terlihat jelas karena kering dan tidak ada yang melindunginya dari panasnya sinar matahari.

"Memang betul pada pada saat berpuasa Ramadan, kulit sangat rentan mengalami dehidrasi. rentannya kulit menjadi kering ini dapat terjadi karena kurangnya asupan yang memengaruhi kulit itu sendiri.

Baca: Bibi Pria Ancam Jokowi Heran HS Datang Mau Menginap, Tidak Menyangka Ponakan Ditangkap Polisi

Baca: Detik-detik Perebutan Juara Liga Inggris antara Manchester City dan Liverpool Hingga Hasil Akhir

Baca: Pegulat Silver King Tewas Saat Bertanding, Sempat Dikira Bagian Pertunjukan

Kendala menjaga hidrasi kulit pada saat Ramadan karena perubahan pola asupan makanan, biasanya tubuh bisa memperoleh asupan tanpa adanya batasan jam khusus," kata Ika Anggraini, dokter spesialis kulit dan kelamin Bamed Skin Care dalam sebuah temu media di Jakarta.

Ketika puasa Ramadan, tubuh tidak mendapatkan asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam. Padahal, tubuh tetap bermetabolisme seperti biasanya, serta melakukan ekskresi cairan dan buang air kecil. Apabila asupan cairan kurang saat sahur atau buka puasa, tubuh bisa mengalami masalah.

"Terlebih lagi apabila terdapat penyakit penyerta, contohnya diare, demam tinggi, ataupun diabetes melitus. Hal itu akan memperparah masalah dehidrasi kulit ketika Ramadan," kata Ika menambahkan.

Apabila kulit kering karena dehidrasi, lapisan pelindung kulit akan terganggu. Masalah ini membuat bahan iritan ataupun bakteri lebih mudah masuk lewat kulit.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah cara paling sederhana untuk mencegah dehidrasi yang menyebabkan kulit kering.

Kita dapat memenuhi kebutuhan akan cairan pada saat berbuka puasa, sahur atau sebelum tidur.  Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved