Pemilu 2019

Pembacaan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kalsel di Pusat Berjalan Lancar

Sempat cukup berliku dan dihujani sederet skors di tingkat Provinsi Kalsel, pembacaan hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi

Pembacaan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kalsel di Pusat Berjalan Lancar
KPU Untuk Bpost-
Rombongan KPU dan Bawaslu Kalsel Mengikuti Rapat Pleno Terbuka di KPU RI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sempat cukup berliku dan dihujani sederet skors di tingkat Provinsi Kalsel, pembacaan hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Kalsel di tingkat pusat berjalan lancar.

Pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Kalsel dilaksanakan Minggu (12/5/2019) di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat dipimpin oleh Komisioner KPU RI, Asy’ari dan dihadiri pula oleh Ketua Bawaslu RI Abhan dan para saksi utusan peserta Pemilu 2019.

Bahkan menurut salah satu Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah, pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang dibacakan pihaknya tidak menerima satu pun interupsi baik dari saksi maupun dari Bawaslu.

Hingga akhirnya hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 Kalsel disahkan di Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional yang digelar oleh KPU RI tersebut.

"Hasil rekapitulasi Kalsel dinyatakan sah dalam pleno KPU RI. Hasilnya pun 100 persen beres tanpa ada interupsi. Kami mengucapkan terima kasih atas kerja cerdas kita semua dalam menyelenggara pemilu yang sukses," kata Edy Ariansyah.

Baca: Korban IRT Terus Berjatuhan, Begini Cara Hindari Investasi Bodong Berkedok Arisan Online

Baca: Perbedaan KTA dan Pinjaman Online yang Mungkin Belum Anda Tahu., SLIK OJK vs Big Data

Baca: Gisella Anastasia Datang Sendirian Hadiri Ultah Pernikahan Ashanty-Anang Hermansyah, Kemana Wijin?

Baca: Percakapan Terakhir Vanessa Angel yang Terjerat Kasus Prostitusi Artis dengan Ayahnya Terungkap

Pada Rapat Pleno tersebut secara berurutan dibacakan perolehan suara masing-masing pasangan Capres dan Cawapres di Kalsel, dilanjutkan dengan perolehan suara Calon Anggota DPD RI dan DPR RI.

Tak hanya itu, pada pembacaan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Kalsel, rombongan Kalsel, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, Komisioner KPU Kalsel, Siswandi, Hatmiati dan Nur Zazin termasuk Edy dengan bangga menyampaikan tingginya tingkat partisipasi Pemilih di Kalsel terhadap Pemilu 2019.

Para Komisioner KPU Provinsi Kalsel dalam kesempatan ini juga hadir bersama Para Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel termasuk Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah, Komisioner, Iwan Setiawan, Nur Kholis Majid, Aris Mardiono dan Azhar Ridhanie.

“Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 di Kalsel secara kuantitas melebihi angka target. Target partisipasi nasional 77,5 persen, jauh dapat dilampaui di Kalsel,” tambah Edy.

Tak hanya target partisipasi dari segi kuantitas, namun Edy juga nyatakan partisipasi Pemilih Kalsel dari sisi kualitas juga tak kalah tinggi.

Dimana tingkat partisipasi dilihat dari sisi kuantitas mencapai 79,5 persen untuk Pemilihan Capres dan Cawapres, 79,2 persen untuk Pemilihan Calon Anggota DPR RI dan masing-masing 79,1 persen untuk Pemilihan Calon Anggota DPD RI dan Pemilihan Calon Anggota DPRD Provinsi.

Sedangkan dilihat dari sisi kualitas, Pemilihan Capres dan Cawapres mencapai angka 96,3 persen, 85,1 persen untuk Pemilihan Calon Anggota DPR RI, 81,1 persen untuk Pemilihan Calon Anggota DPD RI dan 84 persen untuk Pemilihan Calon Anggota DPRD Provinsi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja cerdas kita semua dalam menyelenggarakan pemilu yang sukses. Kerja cerdas untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih di Kalsel,” kata Edy.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved