Ekonomi dan Bisnis

Masuki Pekan Kedua Ramadan, Jasa Rental Mobil di Banjarmasin Masih Sepi

Bulan Ramadan sudah memasuki awal pekan kedua, tampaknya belum menyentuh bisnis penyewaan mobil di Banjarmasin.

Masuki Pekan Kedua Ramadan, Jasa Rental Mobil di Banjarmasin Masih Sepi
Istimewa/Hj Adhe
margasana.rental.banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bulan Ramadan sudah memasuki awal pekan kedua, tampaknya belum menyentuh bisnis penyewaan mobil di Banjarmasin.

Seperti yang dikatakan Owner Margasana Car Rental, Hj Adhe, bisnis sewa mobil di tempatnya masih sepi sejak awal bulan Ramadan lalu.

"Setiap tahun memang selalu seperti itu, sepi belum ada masyarakat yang menyewa mobil, terkecuali menjelang hari lebaran biasanya akan ramai," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Potensi peningkatan sewa mobil diakuinya tidak menentu kapan, namun berkaca dari tahun sebelumnya, H-1 lebaran semua unit baik passanger maupun premium car ludes diburu konsumen.

Baca: Dihujat, Pengasuh Rafathar Kembalikan Belanjaan ke Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Lala Ungkap Ini

Baca: INGAT! 2 Doa Berbuka Puasa yang Benar Kata Ustadz Abdul Somad, Pas untuk Ramadhan 1440 H

Baca: Roy Kiyoshi Mendadak Menutup Tempat Praktiknya, Uang Konsultasi Digelapkan Asisten

Baca: Bersuamikan Pilot, Iis Dahlia Punya Rumah Baru Mirip Istana, Bahkan Sempat Ditaksir Rp 17 Miliar

"Untuk tarif tidak ada perubahan, masih sama dengan beberapa tahun sebelumnya. Namun tahun ini minimal atau pembatasan sewa per hari berbeda dengan tahun lalu selama lima hari. Unit passanger kami tetapkan tujuh hari, dan premium car tiga hari sewa," paparnya.

Tarif unit passanger, di antaranya Avanza dibanderol mulai Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per hari, Innova mulai Rp 400.000 hingga Rp 550.000.

Khusus untuk premium car, Adhe menyiapkan banyak unit yang mana bakal diprediksi akan laris diburu konsumen jelang lebaran nanti.

Jenis-jenis premium car yang tersedia, seperti Honda CRV sewa per hari dikenakan tarif Rp 1,2 juta, Fortuner Rp 1,5 juta.

Unit Accord Rp 2 juta, Camry Rp 2,5 juta, Alphard mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, serta Land Cruiser dipatok Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per hari.

"Yang sewa premium car biasanya orang asli banjar yang sudah berkarier sukses di daerah lain dan sedang mudik ke banjar. Rata-rata mereka yang sukses di daerah lain pas pulang ke sini menyewa mobil yang bagus. Seperti misalnya direktur di perusahaan luar dan pernah juga hakim agung. Biasa mereka datang bersama keluarga," tukasnya.

Hal yang sama juga dialami Masedo Rent Car.

Sang Owner, Muhammad Ridho mengaku alami penurunan jumlah penyewa mobil di tempatnya.

"Setiap Ramadan memang sepi, menjelang lebaran umumnya mulai ramai," kata Ridho.

Untuk tarif diakuinya masih sama dengan tahun lalu, yakni unit Avanza tarif sewa per hari dikenakan Rp 300.000-Rp 350.000. Sedangkan mobil menengah ke atas, seperti Expander dan HRV dibanderol Rp 500.000.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved