Ekonomi dan Bisnis

Ayo Menabung Saham! Lakukan Dulu Buka Rekening Saham dengan Cara Ini

Menabung saham memang menjadi jawaban tepat saat Anda sadar menabung uang saja tidak cukup untuk masa depan.

Ayo Menabung Saham! Lakukan Dulu Buka Rekening Saham dengan Cara Ini
THINKSTOCKS
Ilustrasi pergerakan harga saham 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menabung saham memang menjadi jawaban tepat saat Anda sadar menabung uang saja tidak cukup untuk masa depan. Uang bisa tergerus inflasi, tapi saham tetap stabil meski harganya naik turun.

Bursa Efek Indonesia juga mulai mengajak masyarakat Indonesia dengan membuat program "Yuk Nabung Saham". Program ini dibuat dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia berinvestasi di pasar modal.

Nah, untuk memulai menabung saham, Anda perlu beberapa langkah membuka rekening saham. Dikutip dari Cekaja.com, berikut ini 4 langkah membuka rekening saham.

1. Buat Rekening Efek

Calon nasabah hanya tinggal datang ke perusahaan sekuritas untuk membuat rekening efek. Tak perlu bingung bertanya perusahaan yang manakah yang termasuk perusahaan sekuritas. Saat ini telah banyak perusahaan sekuritas yang bekerja dengan pihak bank.

Baca: Resmi Meluncur, Realme X Tak Dilengkapi Slot MicroSD, Ini Penjelasan Lengkapnya

Baca: Fakta Pinjaman Online, Inilah 6 Keuntungan yang Bisa Dirasakan

Baca: Gadis Ini Beli Sendiri Mobil BMW Seharga Rp 2,7 Miliar, Hadiah Ultah untuk Orangtuanya

Kadang, perusahaan sekuritas pun mengutus karyawannya datang ke bank umum untuk mengakomodir calon nasabah yang akan membuat rekening efek.

Jadi, cukup datangi bank umum/swasta pilihan Anda dan buka tabungan rekening efek. Jika Anda belum memiliki tabungan biasa, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Karena syarat membuat rekening efek adalah mempunyai rekening biasa di bank tersebut.

Setelah itu, Anda cukup datangi customer service dan utarakan niat Anda, setelah itu customer service akan melakukan tugasnya dan mengarahkan Anda hingga kelar.

2. Siapkan Dokumen

Sebelum datang ke bank, Anda perlu membawa beberapa dokumen pribadi untuk mengisi data diri di bank. Dokumen pribadi itu antara lain, fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy halaman depan buku tabungan, dan 2 lembar materai Rp 6 ribu.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved