Berita Tabalong

Batal Untuk Pedagang Buah, Pasar Umayyah Tanjung Bakal Ditempati Pedagang Elektronik

Dalam beberapa kali kesempatan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan perlu waktu untuk bisa memanfaatkan bangunan ini.

Batal Untuk Pedagang Buah, Pasar Umayyah Tanjung Bakal Ditempati Pedagang Elektronik
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Pasar Umayyah Tanjung Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Saat ini ada beberapa bangunan pasar yang masih belum difungsikan di Kabupaten Tabalong. Pemerintah Daerah saat ini masih berupaya agar bangunan yang menggunakan anggaran miliaran tersebut bisa segera dimanfaatkan.

Belum lama ini Bupati Anang meninjau lansung Mall Taiyyibah yang akan dimanfaatkan untuk kantor layanan publik.

Namun masih ada beberapa pasar yang masih belum difungsikan salah satunya adalah pasar umayyah yang berada di Kota Tanjung berseberangan dengan gedung sarabakawa ini.

Awalnya pasar ini akan digunakan untuk penjual buah yang ada di trotoar, namun karena bangunannya yang cukup besar akhirnya akan digunakan untuk pedagang elektronik.

Fariddudin Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Tabalong mengatakan Pasar Umayyah dibangun dengan anggaran Rp 7.5 miliar ini rencana awalnya untuk pedagang buah. Namun bangunan kurang sesuai sehingga saat ini rencananya akan digunakan untuk pedagang elektronik.

Baca: Polhut Dishut Kalsel Sikat Pertambangan Ilegal yang Masuk Areal Hutan di Kabupaten Tabalong

Sedangkan pedagang buah akan dibangunkan kembali di sisi bangunan utama dengan bantuan CSR. sedangkan bangunan CSR terdahulu yang berada dibagian belakang bangunan utama akan digunakan untuk pedagang makanan dan minuman. Lapak yang dibangun pada 2016 tersebut berjumlah 15 buah kios.

"Saat ini kami masih menerima pedagang yang ingin berjualan di ruko tersebut, karena jumlah toko cukup banyak tidak memungkinkan jika ada pedagang elektronik besar dari luar daerah yang ingin masuk," ujarnya.

Dalam beberapa kali kesempatan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan perlu waktu untuk bisa memanfaatkan bangunan ini. Karena perlu perencanaan agar pemanfaatannya bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Anang menjanjikn sebelum hari jari Tabalong yaitu pada 02 Desember bangunan ini sudah bisa dimanfaatkan. Dan diharapkan warga bisa memanfaatkan bangunan ini, warga bisa membeli alat alat elektronik dengan lebih mudah dan nyaman.

Baca: Guru-guru SDN Melayu 5 Banjarmasin Lega, Pemilik Bersedia Memindahkan Lima Anjingnya

Bangunan lain yang dalam proses pemanfaatan adalah Pasar Barunak, pasar lantai dua yang juga berada di pusat kota Tanjung ini akan dimanfaatkan untuk penjual telepon genggam beserta aksesorisnya. Sedangkan lantai satu akan digunakan untuk pedagang makanan.

Bangunan pasar lantai dua ini memiliki fasilitas eskalator, dan saat ini lantai satu dimanfaatkan untuk tempat parkir angkutan umum dan mobil pribadi.

Terpisah Hasna salah satu warga sekitar mengatakan dengan pemanfaatan bangunan pasar dirinya sangat bersyukur. Pasalnya bangunan kosong sangat rawan dimanfaatkan untuk tindakan yang kurang baik terlebih pada malam hari.

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota juga akan mudah dituju oleh warga untuk mencari barang barang elektronik. Untuk pedagang buah juga diminta masuk ke area dalam yang selama ini berjualan di trotoar. "Saat ini sih lebih mudah saat membeli buah di trotoar karena bisa sekaligus mampir saat dari perjalanan, tapi jika didalam juga tidak masalah," ungkapnya. Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved