Berita Banjarmasin

Cara Boy Mengatasi Godaan Banyak Restoran dan Customer Cerewet Saat Bulan Puasa

Ini yang dirasakan Boy Rahmadi Nafarin, GM Travel Al Insani Rizma, ketika berhadapan dengan customer yang cerewet, tentunya harus tetap sabar melayani

Cara Boy Mengatasi Godaan Banyak Restoran dan Customer Cerewet Saat Bulan Puasa
istimewa
Boy Rahmadi Nafarin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bergelut di bisnis travel atau agen perjalanan tentunya sangat berhadapan langsung dengan banyak orang. Sebab itu pelayanan terhadap pengguna jasa menjadi nomor satu.

Hal ini yang dirasakan Boy Rahmadi Nafarin, GM Travel Al Insani Rizma, ketika berhadapan dengan customer yang cerewet, tentunya harus tetap sabar melayani.

"Jaga emosi, apalagi di bulan Ramadhan jangan sampai terbawa oleh sikap customer. Sebaliknya saya harus sigap berpikir untuk memberi solusi agar masalah teratasi," ujarnya.

Ayah dari dua anak ini menyatakan bahwa sikap itu tak hanya dikedepankan saat kita berpuasa. Tapi mesti jadi kebiasaan di bulan-bulan lainnya.

Boy panggilan akrab pria berkulit putih ini, saat Ramadhan ada pengalaman pribadinya saat melakukan perjalanan wisata religi atau ziarah ke luar negeri. Boy mengakui bahwa nuansa Ramadhan di setiap negara berbeda-beda.

Baca: KPK Kembali Amankan Sejumlah Mobil Terkait Kasus Tipikor Mantan Bupati HST, Ini Barangnya

"Contohnya tatkala perjalanan ziarah antara Singapura ke Malaysia. Ada perbedaan di antara kedua negara," jelasnya.

Singapura yang multi etnis dan agama, saat Ramadhan ini suasananya tidak begitu terasa seperti di tanah air, sebab umat muslim di sana sedikit.

"Banyak restoran buka, makanya saya atasi dengan banyak berzikir, karena tujuan saya ke sana adalah ziarah, bukan yang lain," ungkapnya.

Singapura yang terkenal dengan budaya bersih dan rapi, tidak membolehkan masyarakatnya makan di sembarang tempat, apalagi buang sampah.

"Saat berbuka puasa di masjid, kita hanya disuguhi kurma dan teh," setelah shalat Maghrib berjamaah barulah berbuka dan disajikan prasmanan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved