Ekonomi dan Bisnis

Gelar Buka Puasa Bersama, KPw BI Kalsel Imbau Masyarakat Tukar Uang di Kas Resmi Perbankan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi (Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar buka puasa bersama insan pers Kalsel, Kamis (16/5/2019).

Gelar Buka Puasa Bersama, KPw BI Kalsel Imbau Masyarakat Tukar Uang di Kas Resmi Perbankan
banjarmasinpost.co.id/mariana
Buka puasa bersama KPw Bank Indonesia Kalsel bersama insan pers Kalsel, Kamis (16/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi (Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar buka puasa bersama insan pers Kalsel, bertempat di Kamis (16/5/2019).

Dalam kesempatan itu, dihadiri Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Kalsel, Purwanto yang mengimbau agar masyarakat tidak tergiur menukarkan uang di jasa penukaran uang tidak resmi.

"Kepada masyarakat sebaiknya tidak menukarkan uang kepada jasa penukaran uang di jalan-jalan. Karena tidak dapat dipastikan uang tersebut asli atau palsu. Jumlah yang ditukarkan pun tidak akan sama, sebab penjual jasa tentu ingin mendapatkan keuntungan atau upah," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pihaknya pun mengharapkan, agar masyarakat dapat melakukan penukaran uang di semua perbankan khususnya yang ada spanduk bertuliskan melayani penukaran uang rupiah secara gratis.

Di Kalsel, BI bekerja sama dengan 33 Bank sebagai koordinator yang terbagi menjadi lebih dari 150 cabang se Kalsel.

Baca: Selama Libur Panjang Idul Fitri 1440 H, Bank Kalsel Siapkan Dana 75 Miliar di Seluruh ATM

Baca: NEWSVIDEO : KPK Kembali Amankan Sejumlah Mobil Terkait Kasus Tipikor Mantan Bupati HST

Untuk pecahan yang ditukarkan rinciannya yakni, mulai dari Rp20.000 sebanyak 2 juta Rp10.000 sebanyak 1 juta Rp5.000 sebanyak Rp500 2000 sebanyak 200 namun diakui Purwanto jumlahnya masih bisa fleksibel.

"Di BI masyarakat juga dapat menukarkan uang rusak, cacat, dan lusuh bisa langsung ditukarkan tidak ada potongan maupun pungutan. Karena BI hanya melayani masyarakat tidak bersifat komersil, jika uangnya rusak atau hilang sebagian 2/3 nya maka tidak dapat ditukarkan," tukas dia.

Acara buka puasa sendiri merupakan agenda rutin tahunan yang dihelat BI, bertujuan mempererat silaturahmi dan sinergitas dengan insan pers Kalsel. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved