Public Services

Tanggal Berapa Pembayaran Tagihan Dua Bulan, Terkait Telat Membayar Tagihan Listrik

Mohon penjelasan PLN. Saya telat pembayaran April. Awal Mei datang petugas menyerahkan tagihan akumulasi April & Mei

Tanggal Berapa Pembayaran Tagihan Dua Bulan, Terkait Telat Membayar Tagihan Listrik
Humas PLN Wilayah Kalselteng
PLN Gelar Promo Tambah Daya, ''Menembus Batas'' Diskon Hingga 100 Persen 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mohon penjelasan PLN. Saya telat pembayaran April. Awal Mei datang petugas menyerahkan tagihan akumulasi April & Mei. Lalu pada tanggal 6 Mei petugas datang lagi bersama petugas lainnya, katanya akan menyegel NCB (memutus sementara).

Sebenarnya tanggal berapa batas pembayaran tagihan yang diakumulasi 2 bulan? Karena setiap bulan batasnya tanggal 20. Sementara yang telat hanya 1 bulan, sedangkan Mei masih berjalan yang artinya saya masih punya hak waktu bayar sampai tanggal 20 Mei.

Berbeda jika tagihannya displit April dengan Mei. Pelanggan diberikan opsi membayar April, bila tidak dibayar (untuk tagihan April) di tanggal yang sudah ditentukan maka disegel NCB. Dan tagihan Mei bisa dibayar hingga tanggal 20 Mei.

Kalau sistem akumulasi maka mestinya batas akhir adalah tanggal 20 di bulan yg sedang berjalan, karena masih ada hak waktu bayar bagi pelanggan. Bukan kah dalam pelayanan umum, hak pelanggan yang lebih diutamakan? Terima kasih.085100420043

TANGGAPAN:
PELANGGAN yang kami hormati, terima kasih atas informasi pengaduan yang sudah disampaikan. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak/Ibu.

Selanjutnya kami informasikan bahwa pembayaran tagihan listrik dapat dilakukan di awal bulan dengan batas pembayaran sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Tagihan listrik yang dibayarkan oleh Pelanggan setiap bulannya merupakan pembayaran atas penggunaan listrik di bulan sebelumnya.

Misal untuk pemakaian listrik pada bulan Maret, maka tagihan listrik dibayar oleh Pelanggan pada awal bulan April dengan batas akhir pada tanggal 20 April. Dan pemakaian listrik pada bulan April, maka tagihan listrik dibayar pada bulan Mei.

Untuk pemakaian listrik bulan Mei, maka pembayarannya dilakukan pada bulan Juni.

Berdasarkan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang sudah ditandatangani oleh PLN dan Pelanggan, disebutkan jika Pelanggan tidak melakukan pembayaran tagihan listrik melebihi dari tanggal 20 setiap bulannya, maka PLN berhak untuk melakukan pemutusan listrik sementara.

Selanjutnya kami menghimbau Pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik di minggu awal setiap bulannya. Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

MUHAMMAD YUSFIANSYAH, Manager Komunikasi PLN UI Kalselteng

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved