Olahraga Kalsel

Festival Sepak Bola Masyarakat Bakal Digelar di Kabupaten dan kota di Kalsel, Catat Jadwalnya!

Namun, setelah lebaran nanti kabupaten dan kota bakal menyambut gelaran Festival Sepak Bola Masyarakat Paman Birin Cup 2019.

Festival Sepak Bola Masyarakat Bakal Digelar di Kabupaten dan kota di Kalsel, Catat Jadwalnya!
NET
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Turnamen sepakbola antar klub di daerah lama tidak terdengar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun, setelah lebaran nanti kabupaten dan kota bakal menyambut gelaran Festival Sepak Bola Masyarakat Paman Birin Cup 2019.

Ajang ini akan digulirkan pada Juni-Juli mendatang dan babak finalnya dari masing masing juara di daerah akan bertemu di Banjarmasin pada Agustus depan.

"Jadi siapa yang juara di daerah akan dikumpulkan dan dibertanding lagi untuk memperebutkan piala Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin," ujar Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana.

Awalnya kata Yuyu babak final akan dihelat di Stadion 17 Mei Banjarmasin namun karena direnovasi maka kemungkinan di pindah ke Stadion Demang Lehman (SDL) Martapura.

Ada dua katagori turnamen yang bakal disiapkan yakni khusus pelajar setingkat SMP/sederajat dan turnamen bebas usia usia 17-25 tahun.

"Jadi setiap kabupaten kota menggelar kegiatan ini total hadiah di kabupaten kota sebesar Rp 30 juta," ujar Yuyu.

Baca: Jelang Liga 1 2019 - Bayu Pradana Sebut Kekuatan Persija Jakarta Ada di Bruno Matos dan Riko

Baca: Jadwal & Live Streaming Piala Sudirman 2019 di TVRI, Mulai Minggu (19/5) Tim Indonesia vs Inggris

Baca: Setelah Lebaran 2019 Persatuan Ski Air dan Wakeboard Kalsel Bentuk Kepengurusan Baru

Kegiatan ini kata Yuyu mendahului inpres 2019 dimakan keinginan presiden agar seluruh kepala daerah menentukan perhatian penuh kepada sepakbola Indonesia.

"Presiden ingin ada kompetisi resmi disetiap daerah sehingga kepala daerah diminta untuk kembali menggairahkan sepakbola," tambah Yuyu.

Untuk syarat pemain , Yuyu menerangkan harus asli domisili daerah asal dibuktikan dengan Kartu Tanda Pendidik (KTP).

Sedangkan, untuk kategori usia pelajar pemainnya harus sesuai asal sekolah masing-masing, dibuktikan dengan kartu pelajar dan rekomendasi sekolah.

Selain hadiah pemenang hingga puluhan juga juga disiapkan hadiah bagi pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik.

"Kita berharap dengan adanya turnamen dari desa desa, kekelurahaan hingga kabupaten dan kota ini bakal muncul bibit bibit pesepakbola yang handal di Banua," pungkas dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved