Serambi Mekkah

Hadapi Momentum Lebaran, Bahan Pangan ini jadi Fokus Pemkab Banjar

Meski hari raya Idulfitri 1440 Hijriyah masih tiga pekan mendatang, namun antisipasi keamanan bahan pangan telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar

Hadapi Momentum Lebaran, Bahan Pangan ini jadi Fokus Pemkab Banjar
banjarmasinpost.co.id/roy
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banjar Eddy Hasby memaparkan langkah-langkah untuk menjaga keteesediaan bahan pangan di Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meski hari raya Idulfitri 1440 Hijriyah masih tiga pekan mendatang, namun antisipasi keamanan bahan pangan telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Seluruh institusi teknis terkait serta kalangan pelaku usaha sektor perikanan, peternakan, dan pertanian serta pihak Badan Pusat Statistik telah duduk semeja membahas ketersediaan atau kecukupan bahan pangan.

"Kami telah melaksanakan pertemuan koordinasi prognosa ketersediaan dan kebutuhan pangan menjelang Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)," ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banjar Eddy Hasby, Jumat (17/05/2019).

Pertemuan tersebut digelar Kamis (16/05/2019) di ruang pertemuan Kesbangpol di kawasan Jalan A Yani, Martapura.

Institusi teknis yang terlibat pada kegiatan itu antara lain Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura, Dinas Peternakan, dan Dinas Perikanan.

Eddy mengatakan rakor tersebut bertujuan untuk memetakan atau mengukur kekuatan pangan di Kabupaten Banjar saat ini dan beberapa waktu ke depan.

Terutama pada momentum hari raya idulfitri.

Semua institusi telah memaparkan data ketersediaan bahan pangan masing-masing beserta persoalan yang dihadapi hingga upaya mengatasinya.

Misalnya pada sektor tanaman pangan, guna meningkatkan ketersediaan beras, program ekstensifikasi diencarkan seperti memanfatkan lahan-lahan tidur.

"Masalah pangan ini urgen yang menjadi kewajibab pemerintah untuk memastikan kecukupan ketersediaannya bagi masyarakat. Pada rakor, kita pelajari intervensi-intervensi apa saja yang harus dilakukan," tandas Eddy.

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved